Sabtu, 25 Juni 2011

Buletin Atensi Edisi 169/April-Mei 2011

Sapa Redaksi
Atensi_2011_04-5Halo semua… Gimana khabar Anda?
Semenjak beberapa orang awak redaksi meninggalkan Lombok mengikuti suami, puncaknya adalah meninggalnya sekretaris redaksi, praktis tugas-tugas untuk menerbitkan buletin ini sedikit terganggu. Bahkan menjelang suksesi pemilihan kepala desa di kantor tempat tugas kami, kegiatan bertambah padat. Oleh karena itu mhon dima’afkan jika akhir-akhir ini buletin sering molor terbitnya. Namun demikian, demi kecintaan terhadap dunia DX, kami berusaha membagi waktu walaupun mungkin saat-saat ini forsi untuk buletin sangat sedikit. Kami tetap berusaha untuk sedapat mungkin menemui teman-teman melalui media ini untuk berbagi suka dan duka. Dan mudah-mudahan pada kesempatan berikutnya bulletin bisa terbit lebih rutin dan tepat waktu.
Kabar tidak enak datang dari Jerman, dimana Suara Jerman DW (RIJDW) akan menghentikan siaran melalui gelombang pendek pada bulan November mendatang. Itu artinya kita akan kembali kehilangan siaran SW dari Eropa, tetapi masih banyak yang dipertahankan terutama siaran dalam bahasa Inggris dan bahasa-bahasa untuk kawasan Afrika.
Akankah siaran SW dalam bahasa Indonesia dari luar negeri tinggal sebatas kenangan setelah Radio Berlin, Voice of Russia, Radio Pakistan, Radio Singapura International, Radio Veritas Asia, CVC, Suara Amerika dan BBC meinggalkan SW? Entahlah, yang pasti sampai saat ini masih puluhan radio luar negeri seksi Indonesia yang dapat didengar melalui gelombang pendek.
Simak aja informasi selengkapnya pada edisi ini, dan sampai jumpa………….

Profil
Arab States Broadcasting Union (ASBU) adalah salah satu lembaga pan-Arab tertua, milik  sistem Liga Negara-Negara Arab. ASBU adalah organisasi profesi, yang didirikan pada bulan Februari 1969 di Khartoum, dengan tujuan utama memperkuat dan meningkatkan hubungan kerjasama antar lembaga penyiaran di negara-negara Arab untuk memproduksi dan mengembangkan konten yang lebih baik.
ASBU menyediakan layanan penyiaran untuk anggota dan non anggota, seperti pertukaran tenaga teknik dan jasa konsultasi, berita radio dan televisi, pemrograman dan olahraga, serta pelatihan radio dan TV. ASBU juga berusaha untuk memperoleh hak siar dengan harga khusus sejumlah kompetisi dan acara olahraga untuk kepentingan anggotanya, serta untuk memastikan peristiwa tersebut dengan cakupan siaran yang tepat. Itulah profil ATENSI edisi ini.
Atensinfo
Edisi ini  mengadirkan berbagai saduran dan hasil monitoring dari radio luar negeri. Beberapa diantaranya mengenai wajah baru website Radio Australia yang saat ini masih dalam renovasi besar-besaran, kemudian dengan dimualinya menyiarkan Belajar Bahasa Jepang yang baru oleh NHK, maka edisi ini kami informasikan mengenai acara tersebut sekaligus panduan untuk mendapatkan rekaman suara dalam format MP3, buku panduan elektronik maupun dalam bentuk cetakan. Ada juga acara baru CRI Siaran Indonesia bernama Lentera. Selain itu informasi mengenai penilaian untuk memilih 10 klub pendengar CRI terbaik tahun 2011. Khabar tidak menggembirakan dating dari Jerman, dimana terbetik kabar rencana penghapusan siaran melalui gelombang pendek termasuk seksi Indonesia dan terakhir informasi mengenai acara khusus dalam rangka ulang tahun KBS World Radio Seksi Indonesia ke-36.

Atensineka
Saduran informasi umum bidang penyiaran, baik radio maupun televisi yang disadur dari berbagai sumber terpercaya yang mengisi Atensineka kali ini adalah :
  • INPUT 2011 Seoul, Korea Selatan
  • Penutupan seksi bahasa Turki oleh BBC World Service
  • RRI Berjuang dalam penilaian ABU Award 2011
  • Indosiar menjadi anggota baru AsiaVision
  • Radio Fiji
Atensi eSEmeS
Ruang yang khusus untuk menjawab ataupun mengulas SMS (eS), email (Em) dan Surat (eS) yang dikirim oleh rekan-rekan yang bersilaturrahmi kepada redaksi pada bulan Februari sampai awal Maret 2011. Saran yang membangun dan ide-ide bagus untuk meningkatkan mutu MAPEM Club dimasa-masa yang akan dating selalu kami nantikan dan kami apresiasikan dengan senang hati. Ada email dari Voice of Vietnam Seksi ASEAN, email dari Deutsche Welled an SMS dari rekan-rekan pembaca.
Atensi Quiz
Bagi Anda penggemar kuis atau sayembara berhadiah, Kali ini, sejumlah informasi kuis/sayembara telah kami pilihkan untuk Anda, seperti Sayembara Triwulan ke-2 Deutsche Welle dan pengumuman hasil Sayembara Pengetahuan CRI.
Bagian akhir setiap buletin memuat Atensi Pustaka yang berisi informasi bahan-bahan publikasi yang diterima selama sebulan berjalan, kali ini antara lain kami terima dari Yayasan BaKTI berupa majalah BaKTINews ediri 63 Vol. V (Januari – Februari 2011), Always group dengan buletin Pendengar edisi Maret  2011, Dinas Pos Australia tentang informasi penerbitan prangko dan benda pos lainnya edisi No. 309 (March-April 2011). Dari Radio Taiwan International kami menerima berbagai bahan cetakan seperti bulletin, kartupos bergambar, bulletin RTISI dan beberapa souvenir cantik. Dari KangGuru Indonesia kami menerima bulletin KGI edisi May 2011 dan dari China Radio International seksi bahasa Inggris kami menerima majalah The Messenger Vol. 22 No. 1 (January-March 2011).
Buletin kami kirimkan kepada anggota pelanggan, simpatisan dan radio luar negeri sebanyak 2 tahap, pertama pada tanggal  18 Juni dan kedua pada tanggal 21 Juni 2011.

1 komentar:

JAYADI SHARED mengatakan...

Wag dimuat juga ya mas Rudi...Trims, Selamat juga atas terpilihnya sebagai salah satu pemenang pada lomba ucapan selamat ultah 100 ROC di RTI dan KBS dan AKU di KBS World. Kompak dan maju terus....