Jumat, 03 Juni 2011

Kerjasama Radio Nederland dan Deutsche Welle

Radio Nederland Wereldomroep (RNW) mulai Rabu (1/6) akan meningkatkan kerjasama dengan Radio Deutsche Welle dari Jerman. Dalam dua tahun ke depan dua radio internasional ini akan mengangkat tema berita yang sama untuk bagian Arab, Cina dan Indonesia. Kedua stasiun radio juga sepakat untuk memproduksi sebagian berita secara bersama.
Dengan kerjasama ini dua stasiun radio yang menyajikan berita dan cerita secara independen ini berharap bisa meningkatkan mutu layanan mereka kepada publik, terutama untuk berbagai wilayah di dunia yang masih kekurangan informasi.
Pemred Radio Wereldomroep Rik Rensen menyatakan, 'Kami sama-sama memusatkan diri ke wilayah Arab, Cina dan Indonesia. Tema yang kami angkat untuk tiga wilayah ini tidak selalu ada hubungannya dengan Belanda dan Jerman. Justru untuk tema-tema seperti itulah kita ingin bekerjasama. Dengan ini kami bisa saling menguatkan kerjasama Eropa kita dan memberikan layananan  yang lebih baik kepada publik kami.'
Direktur Umum Deutsche Welle, Erik Bettermann, berkata, 'Ini adalah saat bersejarah. Dengan kerjasama ini kami bisa menyebarkan nilai-nilai kebebasan pers, HAM dan demokrasi dari Eropa.'
Meja redaksi di Hilversum (Wereldomroep) dan Bonn (Deutsche Welle) akan secara berkala menyamakan tema jurnalistik mereka. Selain itu kedua redaksi akan memproduksi sebagian laporan audio dan video. Kedua radio juga akan menyelidiki bagaimana cara meningkatkan perlindungan terhadap pemakai internet. Ini terkait dengan semakin menurunnya kebebasan pers di dunia.
RNW dan Deusche Welle akan mencari jalan agar publik di negara-negara dengan kebebasan pers terbatas bisa mengunjungi situs internet dengan aman. Misalnya, dengan membuat perangkat lunak untuk melindungi 'jejak' pemakai internet.

Tidak ada komentar: