Senin, 20 Juni 2011

Kabinet Belanda Pangkas Radio Nederland

Kabinet Belanda mengumumkan penghematan besar-besaran di Radio Nederland Wereldomroep, RNW. Salah satu misi RNW, yaitu memberikan informasi kepada orang Belanda di luar negeri dan memberikan gambaran realistis tentang Belanda, akan dihapus.
Misi Radio Nederland hanya sebatas pemberian informasi ke negara-negara yang kebebasan berbicaranya ditekan atau terancam. 
Penghematan terhadap RNW merupakan bagian paket kebijakan pemerintah saat ini (yang terdiri dari VVD, CDA, dan didukung oleh PVV di parlemen) untuk mengimbangi anggaran negara. Menjelang penghematan di perguruan tinggi, budaya dan pertahanan, pemerintah Jumat ini mengumumkan reorganisasi di sektor lembaga penyiaran publik secara keseluruhan.
Dengan demikian Radio Nederland tidak lagi mendapat anggaran media, tapi berada di bawah Kementerian Luar Negeri. Perubahan ini berlaku 1 Januari 2013.
Menteri Luar Negeri Belanda Uri Rosenthal membenarkan Radio Nederland harus berfokus kepada kebebasan bersuara dan pers.
Tapi apa dampak finansial penghematan ini bagi Radio Nederland masih belum jelas. Sejauh ini rincian soal anggaran tahun depan atau tahun 2013 belum jelas. Parlemen masih harus menyetujui rencana penghematan kabinet. Majelis Rendah Belanda, Tweede Kamer, akan mendiskusikan usulan kabinet ini dua minggu lagi. Sumber : Radio Nederland

Tidak ada komentar: