Minggu, 01 Agustus 2010

Shortwave in the news

Shortwave in the news

NPR, 17 July 2010:
“Dalam pojok spektrum radio shortwave yang seperti bayangan anda sering bisa menjumpai suara-suara mekanikal misterius menghitung rangkaian bilangan tanpa henti - dalam bahasa Inggris, Czech, Russia dan Jerman...mungkin kode Morse. Tapi siapa yang mendengarnya? Suara-suara itu berasal dari apa yang dikenal sebagai ‘numbers stations’ dan mereka telah lama dianggap sebagai bagian operasi spionase internasional.
Faktanya, mata-mata Russia baru-baru ini tertangkap di sini di AS mungkin mendapat perintah dari Moskow melalui sebuah numbers stations shortwave.”

Sejarawan Richard Cummings di Jerman memperhatikan dokumen-dokumen pengadilan. Ia menulis:
“Nampaknya satu-satunya komunikasi shortwave antara Moskow dan agen-agennya di USA adalah melalui RADIOGRAMS, bukan dengan rekaman suara seperti yang anda tulis dalam blog (mengutip Brett Sokol di Slate). ... ‘Agen-agen gelap Russia itu mendengarkan stasiun shortwave asing yang memancarkan rangkaian bilangan - beberapa dalam kode Morre, lainnya dikatakan dalam rekaman suara - yang kemudian mereka uraikan ke dalam kata-kata.’ Seperti dijelaskan dalam dokumen, suara RADIOGRAMS mirip kode Morse tapi bukan kode Morse.” 

AOL News, 16 July 2010: Kendall dan Gwendolyn Myers, “ditangkap musim panas lalu dan dituduh melakukan mata-mata untuk Kuba, dijatuhi hukuman hari ini di pengadilan federal di Washington, D.C.
... Taktiknya: kedua Myers bertukar informasi di toko bahan makanan dengan menukar kereta belanjanya dengan orang Kuba yang menangani mereka, dengannya mereka juga berkomunikasi melalui radio shortwave dan menenkripsi email dari warnet.” -- Mereka mendengarkan pesan-pesan kode di shortwave, tapi tidak memancarkannya.

Daily Dispatch (East London, South Africa), 23 July 2010:
“23 July 1960: Sebuah permintaan untuk stasiun siaran shortwave di Eastern Cape kemarin diajukan oleh Kongres Persatuan Pertanian Timur. Dinyatakan bahwa penerimaan longwave sangat buruk di daerah yang jauh dari Grahamstown dan saat musim panas benar-benar tidak mungkin. Resolusi itu meminta siaran berita regional dari Grahamstown melalui shortwave. Berbicara dalam mendukung gerakan tersebut, dikemukakan oleh Persatuan Petani Elliot, Mr. S Marr mengatakan persoalan itu merupakan sesuatu yang penting bagi petani, terutama berkenaan dengan penerimaan ramalan cuaca.” -- “Longwire” disini tidak diragukan lagi merujuk pada medium wave, seperti Afrika Selatan tidak menggunakan frekuensi longwave untuk siaran pada 1960. Afrika Selatan telah - dan masih - menggunakan shortwave untuk mencapai daerah terpencil negara itu.


Greenwich Civizen, 23 July 2010:
Greenwich, Connecticut, membuat “sejarah ketika pionir radio Greenwich Edwin Armstrong serta timnya membuat siaran radio shortwave trans-Atlantik yang pertama pada 11 Desember 1921 dari stasiunnya di 1BCG. Monumen yang menandai peristiwa itu dapat dijumpai di bundaran lalu lintas di North Street dan Clapboard Ridge Road.” -- Akankah siaran shortwave trans-Atlantik terus bertahan sampai ulang tahun ke 100 komunikasi shortwave trans-Atlantik yang pertama ini? 

Southgate Amateur Radio Club, 16 July 2010:
“Majalah Popular Communications meluncurkan sebuah website yang lebih mudah dilayari. ... Popular Communications adalah majalah nomor 1 dunia untuk penggemar scanning, pendengar shortwave, DXer broadcast dan penggemar radio lainnya. Website baru Popular Communications dapat diakses di http://www.popular-communications.com .” 

Syracuse Online, 18 July 2010, Lee Badman:
“Apakah minat anda pada shortwave dan utility monitoring, scanning atau amateur radio, bukan rahasia kalau perlengkapannya dapat mahal. ... Salah satu website favorit saya untuk review perlengkapan adalah eHam.net. Meskipun banyak situs yang memiliki review-review perlengkapan, review eHam.net cenderung mengulas segala sesuatu dari perlengkapan top-dollar sampai antena kabel sederhana.”
(Sumber: www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: