Minggu, 01 Agustus 2010

Pembangkang Kuba yang dibebaskan telah melaporkan untuk Radio Marti dan VOA

Pembangkang Kuba yang dibebaskan telah melaporkan untuk Radio Marti dan VOA 

Miami Herald, 17 July 2010, Fabiola Santiago:
“Saya tidak dapat menikmati sesuatu. Saya tidak dapat merasa bebas selama masih ada tahanan politik di Kuba. Bagaimana saya bisa bahagia dengan semua yang saya tinggalkan di belakang? tanya Mijail Barzaga Lugo, 43 tahun, yang menjalani hukuman di 4 penjara berbeda karena membuat berita tentang kehidupan di Kuba untuk CubaNet dan Radio Marti. Barzaga dan lainnya adalah sebagian dari kelompok 75 jurnalis independen dan pembangkang damai yang dipenjarakan dalam penumpasan besar-besaran pada 2003 yang dikenal sebagai Black Spring. 
Kesebelas tahanan yang dibebaskan ini adalah yang pertama dari 52 orang yang direncanakan akan dibebaskan dan dipindahkan ke Spanyol dalam empat bulan mendatang dibawah perjanjian yang dirundingkan oleh pemerintah Spanyol dan pejabat tinggi Katolik pulau itu, Cardinal Jaime Ortega.” 

AFP, 15 July 2010, Olivier Thibault:
″‘Situasi kebersihan dan kesehatan tidak buruk. Melainkan sangat buruk,’ Julio Cesar Galves memberitahu wartawan di Madrid, dua hari setelah tiba di Spanyol bersama 6 pembangkang lainnya. ... Pria 65 tahun itu, yang menjalani 15 tahun hukuman karena bekerja secara rahasia untuk outlet media AS seperti VOA, mengatakan tidak tersedia cukup air minum untuk para tahanan dan makanan sering tercampur dengan kotoran.”
(Sumber: www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: