Sabtu, 14 Juli 2012

Stasiun Pemancar Edward R. Murrow: Peresmian Kembali “Situs B” VOA Berarti Sebuah Nama Baru dan Masa Depan


oleh: Thomas
Desember lalu saya mendapat kesempatan tour personal selama 5 jam ke situs pemancar VOA di dekat Greenville, NC, Amerika Serikat. Bagi saya kunjungan itu benar-benar sebuah mimpi jadi kenyataan  dan memberikan saya pemahaman lebih dalam tentang sejarah, peralatan, antenna dan yang terpenting orang-orang yang menjaga situs terkenal itu selama 24 jam seminggu. Anda bisa membaca semua pengalaman saya yang ditulis dalam artikel saya di Monitoring Times Magazine terbitan Maret 2012. Tepat sebelum artikel tersebut saya kirim untuk dicetak, saya menerima kabar dari teman-teman baru saya di situs pemancar tersebut bahwa situs tersebut telah dinamai kembali menjadi “Situs Pemancar Edward R. Murrow.” Untung waktu berpihak pada saya jadi artikel saya memuat nama baru itu.
Akan tetapi ini lebih dari sekedar penamaan kembali situs tersebut, bahwa situs yang direncanakan untuk ditutup pada 2010 itu mempunyai masa depan yang akan mencerminkan masa lalunya dalam penyiaran internasional. Jelas, situs tersebut sangat penting. Situs itu adalah stasiun pemancar internasional terakhir  yang masih tersisa yang bukan hanya dimiliki secara penuh oleh pemerintah Amerika Serikat namun juga terletak di wilayah Amerika Serikat dimana tidak ada batasan yang bisa diterapkan pada apa yang disiarkannya maupun untuk siapa siaran ditujukan.
Dalam hal lain mungkin yang sangat mengecewakan saya terkait pemangkasan Radio Canada International dan mengapa saya sangat vokal mengenainya adalah kenyataan bahwa mereka berencana menutup situs pemancar Sackville di New Brunswick. Dalam beberapa hal situs ini merupakan “sepupu” situs Murrow VOA, yang bisa dikatakan satu-satunya situs penyiaran internasional di Kanada yang dimiliki sepenuhnya oleh Kanada dan berada di tanah Kanada.
Saya sangat gembira pemerintah AS dan BBG membuat apa yang saya yakini sebagai keputusan yang tepat yakni mempertahankan stasiun pemancar Edward R. Murrow untuk tetap dibuka dan aktif. Sekali infrstruktur pemancar tersebut hilang maka akan hilang selamanya. Untungnya peresmian kembali ini menegaskan situs itu akan terus bertahan.
(sumber:swling.com)hind

Tidak ada komentar: