Sabtu, 14 April 2012

Perekenalan tentang Pesta Thang Minh (Pesta Cheng Beng di Vietnam)



31 Maret 2012
(VOVworld) -Saudara-saudara pendengar, pada pekan ini, kami menerima 14 surat diantara Saudara-saudara Hazairin Junep di Yogyakarta, Minlin di  Jawa Barat, Eddy Setiawan di Jakarta, Sumantri di Jawa Barat dan Fachri  di  Pekanbaru. Pada acara Kotak Surat Anda  untuk hari ini, kami mau omong-omong dengan saudara Hazairin R. Junep  di Yogyakarta, tetapi sebelumnya menurut permintaan dari saudara Achie Susila di Yogyakarta dan beberapa pendengar lain, kami memperkenalkan  Pesta Thanh Minh di Vietnam (di Indonesia disebut Pesta Cheng Beng).


Kuburan -kuburan yang indah dan bersih.
( Foto:  dantri.com.vn)

Marilah saudara-saudara bersama mengikutinya.Saudara-saudara pendengar, pada pekan ini, kami menerima 14 surat  diantara Saudara-saudara Hazairin Junep di Yogyakarta, Minlin di  Jawa Barat, Eddy Setiawan di  Jakarta, Sumantri di Jawa Barat dan  Fachri  di  Pekanbaru. Pada acara Kotak Surat Anda  untuk hari ini, kami mau omong-omong dengan saudara Hazairin R. Junep di Yogyakarta, tetapi sebelumnya  menurut permintaan dari saudara Achie Susila di Yogyakarta dan beberapa pendengar lain, kami memperkenalkan  Pesta Thanh Minh di Vietnam (di Indonesia disebut Pesta Cheng Beng). Marilah saudara-saudara bersama mengikutinya. Saudara Achie Susila dan saudara-saudara yang budiman, di Vietnam ada banyak Pesta yang mempunyai arti, bercorak identitas  tradisional, salah satu diantara Pesta-Pesta  itu yalah Pesta Cheng Beng . Pesta Cheng Beng meskipun bukan Pesta besar, tetapi adalah pesta yang mempunyai arti berkiblat ke leluhur, memberikan  nasehat kepada rakyat Vietnam supaya  ingat pada  kampung halaman  Cikal Bakal, ingat pada jasa para pendahulu. Pesta Cheng Beng selalu dimulai pada bulan tiga  atau selambat-lambatnya awal bulan ke-empat tahun imlek, terserah pada setiap tahun yang berlangsung pada cuaca yang indah,  sejuk  dan bersih, tidak ada hujan gerimis.



Pada Pesta Cheng Beng, lampu dan lilin dinyalakan.
( Foto :vietbao.vn)


Pada kesempatan ini, orang Vietnam melakukan Pesta Cheng Beng dan  memuja Nenek Moyang. Pekerjaan utama dari Pesta Cheng Beng yalah memperbaiki kuburan-kuburan Nenek Moyang, menanam pohon  bunga dan pohon hias, menghapuskan rumput-rumputan  di sekitar kuburan…Disamping kuburan - kuburan yang  sudah mendapat perawatan, ada juga kuburan-kuburan tanpa perawat dan pengunjung. Maka orang-orang yang berhati nurani selalu membakar hio, membakar  barang- barang  pemujaan untuk kuburan-kuburan ini. Di kota-kota besar, semua kuburan dari meskipun sudah dirancang secara indah, bersih, tetapi semua keluarga tetap ingin membawa barang-barang pemujaan  yang khidmat untuk orang-orang yang sudah meninggal untuk mencerminkan kesayangan dan kerinduan. Ibu  Minh Trang, hidup di kecamatan Phuong Mai-kabupaten Dong Da - kota Hanoi memberitahukan bahwa  “Setiap tahun, keluarga saya  merayakan hari Pesta Cheng Beng pada tanggal 3 bulan tiga tahun imlek. Seluruh keluarga bersama-sama melakukan bersih-bersih memperbaiki kuburan nenek Moyang, kami juga membawa anak, cucu  supaya mereka tahu akan tempat kuburan nenek Moyangnya dan tahu menghormati dan mengenangkan orang tua”.”

Saudara Achie Susila  dan para pendengar yang budiman, mudah-mudahan, saudara-saudara merasa puas akan penjelasan di atas. Kami berharap akan terus menerima surat , laporan  hasil pemantauan siaran radio dan permintaan-permintaan  interesan dari saudara-saudara. Selanjutnya, kami mengiktisarkan surat dari saudara Hazairin R Junep di Yogyakarta. Saudara yang budiman, dalam bagian komentar acara Rumah ASEAN dengan judul: Angkor Wat- Destinasi bagi semua wisatawan”, Anda menulis bahwa  “Saya senang sekali dengan acara Rumah ASEAN dari VOV. Terus terang bahwa saya kagum dengan ide acara ini. Rasanya kita sebagai warga ASEAN makin erat dan akrab berkat informasi yang diberikan begitu menarik dan menyentuh segi segi kehidupan yang luas. …Terimakasih atas acara Rumah ASEAN yang luar biasa ini, semoga sahabat penyair dan staf VOV5 selalu sukses, sehat dan bahagia”.

Kami berterimakasih   akan perasaan dan penilaian  dari Anda tentang program  VOV. Dalam  satu komentar lain, saudara Hazairin R Junep menulis bahwa “Luar biasa usaha pemuda dari Liga Pemuda Komunis HCM dalam mengembangkan akses Internet di pedesaan. Tidak sepantasnya ada kemiskinan di Vietnam  yang sangat  subur. Beras VN saya makan di USA dan Kanada, di Eropath Barat dan Rusia bahkan masuk ke Indonesia seribu ton. Dengan program ini kelak generasi muda Vietnam akan makin canggih dan pemerataan pendidikan dan ekonomi akan tercapai. Salut kepada Liga Pemuda Komunis HCM atas kerja membuka jendela dunia bagi anak bangsa Vietnam di pedesaan. Semangat kawan ”.

Saudara  yang budiman,  kami merasa gembira dan bangga   tentang penilaian dan perasaan dari Anda terhadap generasi  muda Vietnam. Liga Peuda Komunis Ho Chi Minh didirikan oleh Partai Komunis Vietnam dan Presiden Ho Chi Minh, memberikan sumbangan besar pada usaha  pembebasan  tanah air dulu dan  usaha pembangunan serta  perkembangan Tanah Air sekarang. Dimana perlu,  disana ada kaum muda. Itu merupakan slogan dan fikiran kaum pemuda  Vietnam . Apakah  di Indonesia ada organisais pemuda seperti  di Vietnam ? Kirimkanlah surat kepada kami. Kami menunggu surat dari Anda. Saudara-saudara yang budiman, Anda sekalian bisa  membaca acara Kotak Surat Anda di rubrik  “ interaksi” atau  mendengarkan kembali cara di acara tersebut  di bagian ” Isi siaran sepekan” di website vovworld.vn./

Tidak ada komentar: