Sabtu, 14 April 2012

KTT Keamanan Nuklir Seoul 2012 dibuka hari Senin


 

KTT Keamanan Nuklir 2012 dibuka di Pusat Konvensi dan Pameran COEX di Seoul pada hari Senin. Beberapa kepala negara dari 53 negara, termasuk Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Cina, Hu Jintao menghadiri pertemuan puncak selama 2 hari serta 4 kepala organisasi internasional, termasuk Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon. 
Forum internasional tersebut adalah pertama dalam sejarah seperti itu yang mana banyak pemimpin negara sahabat ikut berpartisipasi dalam sebuah acara diplomatik yang diselenggarakan oleh 1 negara. 
Forum akbar tersebut diharapkan bahwa para peserta utama dunia dapat mengadopsi deklarasi KTT Seoul yang menyerukan untuk menghapuskan atau meminimalkan bahan senjata nuklir, meningkatkan perlindungan terhadap sarana tenaga nuklir dan mencegah penyelundupan nuklir atau zat radioaktif. 
Selain agenda resmi, denuklirisasi Korea Utara dan masalah peluncuran roket yang direncanakan bulan depan diperkirakan akan menjadi isu hangat yang akan dibahas di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi tersebut.

Tidak ada komentar: