Sabtu, 14 April 2012

Gerakan " Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam"



Trung Cuong
14 April 2012
(VOVworld) - Pada pekan ini, kami telah menerima 8 surat dan komentar dari saudara-saudara Rudy Hartono dan Suparman di Kalimantan Barat, Hazairin R Junep dan Sulartri Utomo di Yoyakarta, Eddy Setiawan di Jakarta Timur dan banyak pendengar lain. Kami berterimakasih kepada saudara-saudara yang telah mengirim surat dan komentar kepada VOV. Pada acara Kotak Surat Anda untuk hari ini, kami akan  berbincang dengan saudara  Eddy Setiawan di Jawa Timur  dan saudara Suparman di Kalimantan Barat.




Slogan " Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam".
( Foto: tangduonghuyet.vn)

Saudara Suparman yang budiman, kami sangat gembira menerima surat Anda. Dalam surat, Anda menulis: “ Saya diberitahukan banyak tentang program: “Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam”. Beritahukanlah semua prestasi dan kegiatan-kegiatan kongkrit  dari Vietnam dalam program ini”. Saudara  yang budiman, resmi digelarkan dari tahun 2010, gerakan “Orang Vietnam mengutamakan penggunaan  barang-barang Vietnam” telah mencapai banyak hasil yang positif . Setelah lebih dari dua tahun penggelaran, gerakan ini telah menyerap partisipasi aktif dari berbagai cabang, organisasi, badan-badan usaha  dan telah mendapat sambutan yang luas dari rakyat seluruh negeri. Barang-barang Vietnam telah dibawa ke semua kota,  ke daerah-daerah pedalaman, daerah pelosok dan rakyat etnis minoritas. Gerakan tersebut telah mengubah kesedaran para konsumen tentang barang-barang Vietnam, turut membangun kepercayaan  para konsumen terhadap semua produk Vietnam, menciptakan syarat kepada badan-badan usaha di dalam negeri untuk  menyosialisasikan dan memasarkan produknya. Hanya pada tahun 2011  yang lalu, Kementerian Industri dan Perdagangan Vietnam telah  kira-kira 160 kali  membawa barang-barang ke daerah pedesaan dengan partisipasi dari 1.600 badan usaha.


Rapat umum  menyambut gerakan "Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam".
(Foto: giaoduc.edu.vn)

Menurut statistik dari Badan Penggerakan  program “Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam”, selama dua tahun 2010 dan 2011, 59 persen konsumen memprioritaskan penggunaan barang-barang Vietnam, 38 persen konsumen “menasehati sanak keluarnya sebaiknya membeli barang-barang Vietnam ” dan 36 persen konsumen mengubah kebiasaan membeli barang-barang import menjadi kebiasaan membeli barang-barang Vietnam. Ini merupakan angka-angka yang patut menggembirakan, membantu menegaskan kualitas dan  membuat  produk- produk di dalam negeri naik takhta di arena perdagangan. Pada tahun 2012, Vietnam terus memperkuat lebih lanjut lagi gerakan “Orang Vietnam mengutamakan penggunaan barang-barang Vietnam”, diantaranya memperhatikan menstabilkan bermacam- macam jenis barang-barang kebutuhan pokok, menyusun rencana menjual barang-barang Vietnam di daerah pedesaan dan mengadakan pasaran barang-barang Vietnam di semua kabupaten, zona industri, zona prosessing eksport, mengadakan program aksi demi kepentingan para konsumen.


Komoditas Vietnam  dibawa ke daerah pedesaan.
( Foto: internet).

Vu Trong Kim, Wakil ketua Komite Front Tanah Air Vietnam, Wakil Ketua Badan pengarahan gerakan tersebut memberitahukan: “ Pekerjaan  dari kita pad atahun 2012 lebih besar terbanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita memerlukan koordinasi erat antara berbagai lembaga dan satuan, serta bimbingan yang tepat waktu di semua daerah dan satuan. Bagaimana  gerakan  itu  berkembang lebih baik, turut mengembangkan sosial-ekonomi, mencapai target menstabilkan ekonomi makro, menjamin target pertumbuhan, mengekang  inflasi, turut memperbaiki kehidupan  berbagai lapisan rakyat”. Saudara yang budiman, mudah-mudahan, Anda merasa puas akan informasi-informasi di atas. Marilah saudara selalu memantau siaran dan mengirim surat kepada VOV.

 Selanjutnya, kami akan omong-omong dengan saudara Eddy Setiawan di Jakarta  Timur. Dalam surat kepada VOV,  Anda memberitahukan bahwa kualitas gelombvang radio di frequency 12020khz di daerah Anda sangat baik, dengar jelas, SINPO 44444. Dalam surat, Anda menulis  bahwa “ Tadi saya mendengar acara Kotak Surat Anda pada jam 17.30 WIB. Buah-buahan yang disebut itu Thuy juga  ada di Indoensia. Sekarang di Jakarta sedang musim buah rambutan dan buah duku. Apa buah duku ada di Vietnam?” Saudara yang budiman, Vietnam mempunyai cuaca dan tanah yang sesuai  untuk menanam banyak jenis pohon buah-buahan, diantara ada buah duku. Buah duku banyak ditanam banyak di  daerah- daerah di Vietnam Tengah, seperti propinsi Quang Nam, Quang Ngai. Buah duku di Vietnam berwarna merah segar atau kuing, kulitnya tebal dan banyak air, rasanya  manis - manis  asam. Sedangkan buah duku di Indonesia bagaimana? Dalam surat Anda nanti, ceritakanlah  lagi tentang bermacam- macam  jenis buah-buahan di Indonesia kepada kami. Kami menunggu surat Anda. Saudara-saudara bisa  membaca  acara  ini di Website dari VOV dengan cara mengakses pada amalat: vovworld.vn/Indonesia./.

Tidak ada komentar: