Jumat, 02 Desember 2011

Situs Pemancar Gelombang Pendek Kujang oleh Martyn Williams



Jika anda pernah mendengarkan Voice of Korea di gelombang pendek, mungkin anda mendengar siaran-siaran itu dari situs pemancar ini. Kujang adalah salah satu lokasi pemancar terbesar di Republik Demokratik Rakyat Korea, menurut catatan resmi masing-masing 5 pemancar mampu mengirimkan signal 200 kw. Signal tersebut cukup kuat guna menjangkau sebagian besar sudut dunia, memberikan frekuensi yang jernih dan kondisi (penerimaan) yang bagus. Korea Utara tidak mempublikasikan lokasi pemancarnya dengan detail namun sedikit penelusuran di sekitar Google Earth serta berdasarkan  file Google Earth Korea Utara milik Curtis Melvin dan WRTH menunjukkan pada saya lokasi ini. Situs itu terletak sekitar 25 km utara-timur laut kota Kujang yang terletak sekitar 95 km utara-timur laut Pyongyang.
Gelombang pendek masih menjadi sarana penting untuk transmisi radio di Republik Demokratik Rakyat Korea, gelombang tersebut digunakan secara domestik untuk merelay siaran KCBC (Korea Central Broadcasting Station) dan untuk service internasional Voice of Korea. Kini Voice of Korea membuka web dengan audio on-demand namun tidak menyiarkan acara langsung serta tidak memiliki jadwal transmisi.
Di samping Kujang, Republik Demokratik Rakyat Korea juga dilaporkan mempunyai situs yang sama besar di Kanggye dan bahkan sebuah situs lagi yang lebih besar di Pyongyang.
(diterjemahkan dan dipublikasikan dengan izin dari  NorthKoreaTech www.northkoreatech.org) •hind

Tidak ada komentar: