Sabtu, 31 Desember 2011

Sejarah Radio Bulgaria



Dalam sejarah Radio Bulgaria, 1 Juni 1936 merupakan tanggal bersejarah terkait dengan siaran radio reguler pertama yang dipancarkan dari Bulgaria ke luar negeri. Rekaman pertama buletin berita dalam bahasa Perancis dan Jerman berasal dari Rodno Radio Varna pada 1935. Menyiarkan di gelombang menengah dan memiliki tujuan lokal untuk menargetkan orang asing yang berlibur di sepanjang pantai Laut Hitam Bulgaria.
Pada 1935 sekelompok teknisi dan penggemar radio amatir di Sofia mengadopsi 2 stasiun telegraf yang tidak aktif supaya bisa digunakan untuk menyiarkan percakapan dan musik. Kedua stasiun telegraf itu secara internasional terdaftar sebagai LZA dan dikenal sebagai ELZA. Akhir 1935 dimulai siaran percobaan dan pada 19 Januari 1936 pemancaran pertama di gelombang pendek dibawakan dari Bulgaria ke dunia pada frekuensi 7460 kHz. Acaranya dalam bahasa Bulgaria dan hanya disiarkan pada hari minggu. Akhir Januari pada tahun yang sama diadopsi sebuah undang-undang baru yang menetapkan bahwa stasiun radio di negara ini harus dimiliki negara. Akibatnya penggemar LZA didenda karena melanggar undang-undang baru ini. Mereka tidak dihukum namun stasiun radio mereka dinasionalisasi. Pada 1 Juni 1936 pada frekuensi 7460, setelah ucapan pengantar biasa yang mengatakan “Inilah Radio Sophia,” buletin berita dibacakan dalam bahasa Bulgaria, Perancis, Jerman, Inggris dan Italy. Siaran seperti itu disiarkan secara reguler dengan terhenti antara April 1938 dan Januari 1939 karena alasan teknis. Sementara itu pihak otoritas membeli pemancar gelombang pendek lain yang diproduksi di Jerman. Setelah 1942 pemancar tersebut digunakan untuk siaran Radio Obedinena Bulgaria dan Radio Predavate I Bulgarski Novini.
Pada 1945 Bulgaria mengirim pasukan untuk melawan Jerman di wilayah Yugoslavia dan Hungaria, untuk itu sebuah stasiun radio yang disebut Military Front & Homeland memulai siaran. Akhir 1960an muncul siaran gelombang pendek Radio Rodina untuk orang-orang Bulgaria yang tinggal di luar negeri. Sampai akhir 1980an layanan luar negeri dari Radio Nasional Bulgaria yang dikenal sebagai Radio Sofia kemudian diubah menjadi Radio Bulgaria.
Setelah perang, sebuah pemancar diimpor dari Uni Soviet dengan kapasitas 5 kw memancarkan di frekuensi 9350 kHz, berita dalam 12 bahasa disiarkan sebagai berikut:
- Ke seluruh dunia dalam bahasa Bulgaria, Inggris, Perancis dan Esperanto.
- Ke Eropa Utara dalam bahasa Russia, Polandia dan Czech.
- Ke Balkan dalam bahasa Serbia-Kroasia, Albania,Yunani, Turki dan Romania.
Pada 18 Desember 1948, pemancar LZA yang telah dikembalikan mulai lagi siaran di frekuensi 7670 kHz. Selama tahun 1960an dan sesudahnya, pendanaan yang serius dialokasikan untuk layanan luar negeri Radio Nasional Bulgaria, pemancar powerful yang baru dan modern diimpor. Pada tahun-tahun berikutnya ditambahkan siaran dalam bahasa Arab dan Portugis dan seksi bahasa Romania ditutup, kemudian seksi bahasa Italy dan Portugis juga ditutup. Kini Radio Bulgaria siaran di gelombang pendek dalam 10 bahasa.
(diterjemahkan dan dipublikasikan dengan izin dari Radio Bulgaria www.bnr.bg) hind

Tidak ada komentar: