Jumat, 02 Desember 2011

Alexander Popov — Penemu Radio


Transmisi nirkabel adalah salah satu pencapaian luar biasa umat manusia dan merupakan benda yand sangat diperlukan pada kehidupan masa kini. Kita berhutang untuk ini kepada seorang jenius Russia, Alexander Popov.
Alexander Popov dilahirkan padaa 16 Maret 1859 dalam sebuah keluarga pendeta dengan banyak anak, dia mengembangkan kemampuan langka untuk membuat benda-benda pada usia 12 tahun, ketika itu dia membuat sebuah alarm listrik.
Alexander Popov adalah seorang lulusan kehormatan jurusan fisika dan matematika Universitas St. Petersburg, setelah lulus dia meneruskan pendidikannya untuk meraih gelar doktor. Ketika mempelajari gelombang elektromagnetik, Popov menciptakan sebuah peralatan dan menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memancarkan signal berupa informasi pada jarak jauh tanpa kabel.
Berbicara pada pertemuan pejabat angkatan laut di Kronstadt pada Januari 1896 Alexander Popov menyarankan kemungkinan membangun komunikasi nirkabel antara kapal dan pantai, sejak saat itu radio nirkabel digunakan untuk menyelamatkan kapal dan orang.
Alexander Popov berulang-kali memperlihatkan radionya kepada publik dan memberitahukan penemuannya yang dipublikasikan dalam 5 surat kabar Russia. Sayangnya ilmuwan itu tidak mematenkan temuannya.
“Saya beruntung belajar di sekolah yang melahirkan nama penemu radio Alexander Popov,”  kata Alexei Ruchkin. Dalam tingkat senior kami dilatih pengetahuan umum dan kemampuan teknis. Kami dilatih untuk menjadi operator radio dan kami bekerja di stasiun radio. Tentu saja kita semua tahu riwayat hidup Alexander Popov dan tidak pernah bertanya penemuan itu milik siapa karena kita tahu penemuan itu milik saudara setanah air kita.
Alexander Popov adalah yang pertama kali memperlihatkan pesawat penerima radio pada 7 Mei 1895 dan tanggal tersebut ditandai di Russia sebagai Hari Radio. Popov juga yang pertama kali memperlihatkan telegrafi nirkabel dan mengirimkan radiogram pada 24 Maret 1896. Kedua peristiwa tersebut terjadi sebelum Guglielmo Marconi mendaftarkan hak paten untuk peralatan serupa pada 2 Juni 1896. Hal ini mendorong ilmuwan Russia itu membuat pernyataan mengenai prioritasnya dalam surat kabar domestik dan asing. Penemuan Popov dianugerahi medali emas dalam Kongres Elektroteknik di Paris pada 1900.
Sayangnya Alexander Popov meninggal sangat tidak terduga pada usia 46 tahun setelah menyelesaikan sedikit proyek beraninya.
(Sumber: Voice of Russia www.ruvr.ru) •hind   

Tidak ada komentar: