Sabtu, 31 Desember 2011

Mengiktisarkan penerimaan surat pendengar tahun 2011



      Hanya tinggal beberapa hari lagi, tahun 2011 akan lewat dan tahun baru 2012 akan tiba. Sehubungan dengan ini, program siaran bahasa Indonesia  menyampaikan  ucapan  sehat walafiat, sukses dan terimakasih secara tulus kepada semua pendengar  yang telah berjalan seperjalanan dan mendukung program siaran bahasa Indonesia pada tahun 2011. Pada tahun 2011, program siaran bahasa Indonesia telah mencapai banyak prestasi, diantaranya  ada sumbangan yang tidak kecil dari para pendengar.
      Tahun 2011, program siaran bahasa Indonesia menerima 666 surat post, email dan SMS dari para pendengar, naik 44 surat terbanding dengan tahun 2010. Diantaranya, surat ke program kami  pada umumnya dari para pendengar Indonesia. Isi surat sangat beranekaragam, memanifestasikan perhatian para pendengar di berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat di Vietnam, ingin mempelajari perkembangan dan politik integrasi Vietnam dengan kawasan dan dunia.


(Surat para pendengar yang dikirim kepada VOV.
Foto : phuongtra/vov5)

     Para pendengar juga menyatakan perhatian terhadap semua perubahan  di berbagai bidang di Vietnam, khususnya bidang politik. Saudara Beno Lesmana di Jakarta menulis bahwa “Majelis Nasional Vietnam angkatan ke-13 telah dapat memilih barisan pimpinan baru. Semoga para pemimpin baru akan terus memimpin tanah air secara sukses”.
Sebagai pendengar setia dari VOV, saudara Suwito di Bandung dan M. Sumantri di Jawa Barat menyatakan perhatian terhadap semua peristiwa kebudayaan, olahraga di Vietnam. Mereka menyatakan kegembiraan dan menyampaikan ucapan kepada Vietnam telah menduduki posisi ke-3 dalam kejuaraan umum di SEAGAMES- 26 yang diselenggarakan di Indonesia baru-baru ini.
        Sedangkan, terhadap saudara Suparto di Jatinegara, seorang pendengar setia dari VOV, pertemuan dengan seorang Vietnam pun di negeri-nya juga menjadi satu kehormatan dan kebahagiaan, dia menulis bahwa  “Sewaktu ada konferensi ASEAN di Bali, saya berkenalan dengan beberapa orang dari delegasi Vietnam, bahkan di antaranya saya bisa berteman baik yaitu bapak Trần Đắc Lợi, dari Gabungan organisasi-organisasi Persahabatan Vietnam”.


(Surat pendengar yg dikirim kepada VOV.
Foto : phuongtra/vov5)

      Bagi saudara Minlin di Jawa Barat, nasib semua warga Vietnam yg terpengaruh oleh agent oranye /dioxin dalam perang dan terinfeksi  sampai kini telah mengharukan dia. Dia ingin  mengerti tentang situasi-situasi serupa  secara jelas dan berbagi simpathy dengan rakyat Vietnam. Selain itu, masalah perubahan iklim menjadi tema yg menyerap perhatian para pendengar melalui gelombang VOV. Saudara M. Sumantri di Jawa Barat, Rudy Hartono di Kalimantan Barat telah mengajukan komentar-komentar berguna tentang pekerjaan mengatasi perubahan iklim di negara-negara sedang berkembang... diantaranya ada Indonesia dan Vietnam. Sedangkan, saudara Suriani di Banjarmasin yang sangat menyukai lagu-lagu Vietnam menginginkan agar bisa dengan melalui program siaran VOV, menghadiahkan lagu- lagu yang baik didengar kepada para pendengar yang tercinta dari VOV.

   Saudara Setyo Budiono juga menyatakan kesan-nya dengan perkembangan di Vietnam melaui semua informasi  bahwa « Di tahun 2011 ini bagi Vietnam adalah tahun kemajuan, juga tahun kemenangan di segala bidang ».
      Perubahan yang dialami VOV juga dicatat para pendengar. Saudara Aryanto di  Sumatera Utara dan Setyo Budiono di Jawa Timur menilai bahwa   VOV mengalami banyak pembaruan terbanding dengan tahun lama dan gelombang VOV semakin jelas, hal tersebut membuktikan bahwa VOV melakukan banyak investasi dalam meningkatkan kualitas program, « Acara VOV  juga tampil beda dengan tahun-tahun yang lalu ». 
      Selain itu, para pendengar juga menilai kualitas gelombang  yang semakin baik, khususnya pada frequency 12020khz, cara membaca  para penyiar baik, walaupun dengan logat khas Vietnam dan agak cepat. Kami berterimakasih atas semua penilaian para pendengar. Para penyiar VOV  akan berupaya untuk memenuhi semakin baik semua permintaan para pendengar.
     Tentang hasil  surat pendengar  pada tahun-tahun lalu dan tahun 2011 ini, Nguyen Anh Dung- Kepala Seksi ASEAN, program siaran bahasa Indonesia memberitahukan bahwa « Pada tahun-tahun lalu, jumlah surat pendengar  yang dikirim kepada   program siaran bahasa Indonesia VOV  meningkat secara teratur, saban tahun naik kira-kira 5 persen, khususnya ada tahun naik 20 persen seperti pada tahun 2009. Hal itu membuktikan bahwa program siaran kami semakin menyerap  banyak pendengar Indonesia dan menjadi  kebanggaan VOV pada umumnya dan program siaran bahasa Indonesia pada khususnya. Mudah-mudahan, pada tahun 2012, jumlah  pendengar yang memantau dan mengakses pada program  siaran kami akan lebih banyak, itu akan menjadi dorongan bagi VOV untuk melaksanakan program siarannya  lebih baik lagi ».

(Nekara perunggu Vietnam. Inilah Cinderamata VOV untuk pendengar setia)
      Pada tahun lalu, VOV telah mengorganisasi penyampaian Surat Pengakuan Khusus  dan cinderatama  khusus (seperi genderang perunggu, lukisan perunggu) kepada para pendengar setia dari VOV. Hal yang membanggakan, menggembirakan dan pantas  dihormati yalah  ada 18 pendengar Indonesia yang dicatat  dan mendapat kiriman Surat Pengakuan Khusus berserta Cinderamata.
     Program siaran bahasa Indonesia - seksi ASEAN sekali lagi berterimakasih  kepada semua pendengar yang telah seperjalan dengan kami dalam tahun lalu. Mudah-mudahan, saudara-saudara terus mengirim laporan hasil pemantauan siaran Radio, penilaian dan permintaan demi kamajuan VOV.
      Sehubungan dengan Hari Natal dan Tahun Baru 2011, kami mengucapkan agar pendengar sehat walafiat, tenang tenteram dan berbahagia. Selamat berjumpa kembai dalam acara kita pekan mendatang./.

Tidak ada komentar: