Sabtu, 31 Desember 2011

CARA MUDAH DAN TEPAT MENJADI Short Wave Listener (SWL) Part 2


Berikut ini contoh IRC:


Bagaimana cara membedakan antara QSL card dengan SWL Card ?
Pencantuman tulisan pada SWL card, Stasiun DX mana yang Anda dengar dan kepada siapa stasiun DX tersebut ber komunikasi DX ( DX QSO ). Bentuk fisik antara QSL dan SWL card adalah sama, namun hanya saja pada SWL card biasanya ada tulisan SWL CARD atau ada tulisan/kata-kata Ur Receiption Report , Wkd (=Worked ), worked with atau WKG (=Working) dsbnya.

Pada QSL card tidak dicantumkan tulisan SWL CARD dan tidak pula dicantumkan tulisan Ur Receiption Report atau WKD. Sehingga disini QSL card adalah benar-benar merupakan bukti konfirmasi bahwa telah ada kegiatan komunikasi dua arah (2 way Communications) antara Anda dengan stasiun radio amatir lawan. Penulis, menyampaikan bentuk dari SWL card dan QSL card agar pembaca mengetahui bagaimana bedanya :

Contoh SWL Card :



Contoh QSL Card :


Contoh QSL Card dengan Data Label

Contoh QSL Card dengan data tulisan tangan


Bagaimana cara pengisian Log book pada saat SWL-ing ?
Dalam pengisian log book SWL adalah sama dengan tatacara pengisian log sheet pada komunikasi DX. Hanya bedanya adalah :

1. Adanya tambahan kata atau ada kolom Worked ( WKD ) atau worked with
2. Tidak adanya RST Rcvd untuk SWL Loog book ( Karena Log Book SWL )

Log book SWL sederhana ( Contoh ) :

Log Book SWL : R3T-0015
Name : Boris
QTH : Arzamas, Russia

Salah satu contoh di atas maksudnya adalah :
Pada baris 1. Boris, R3T-0015 telah mendengarkan hubungan komunikasi DX antara KC9PFX dengan VE6SKY pada band 14 MHz, mode PSK31, pukul 03:23 UTC, dengan report sinyal KC9PFX yang didengarnya adalah 555

Setelah mengirimkan SWL card dan menunggu beberapa lama, maka apabila SWL card dibalas dari KC9PFX berarti Boris, R3T-0015 sudah melakukan SWL-ing dengan sempurna ( 100 % Replayed )

Kartu SWL inilah yang dapat disahkan untuk persyaratan ujian kenaikan tingkat dan atau sebagai persyaratan pengajuan Award-award SWL Internasional dsbnya.

Pertanyaan lain, apakah seorang penyandang tingkat siaga ( YD/YG ) atau Pemula ( YH ) dapat mendengarkan band 14 MHz dan atau pada band WARC Band ( 10 MHz, 18,6 MHz dan 24,8 MHz ?) Jawabannya adalah BOLEH, karena YD/YG & YH tersebut hanya mendengarkan saja dan bukan Transmit pada band-band yang dimaksud.
Mungkin ada yang menanyakan, kami tidak bergabung di organisasi amatir radio seperti gambar-gambar SWL Card di atas, lantas menuliskan kode namanya di mana?
1.    Bagi yang bergabung di klub pendengar, misalnya Borneo Listeners Club, bisa menuliskan kode anggota.
Contoh SWL Card Sdri. Hyndun, anggota nomor 5/BLC-M.
Maka penulisannya adalah BLC-M-5. (Nomor diletakkan terakhir)
Contoh SWL Card dari Prancis:
2.    Bagi yang tidak bergabung di klub apapun, bisa langsung ditulis namanya.
Misalnya nama Anda E. van Mourik Maka penulisan di SWL Card adalah SWL E. van Mourik



Teknik/Cara Pengiriman SWL card melalui Direct / melalui QSL Manager :

1. Perhatikan Log Book SWL anda, kira-kira Stasiun Radio Amatir mana yang akan anda kirim SWL Card. Contoh :

2. Apabila sudah ditentukan stasiun Radio amatir mana yang anda akan kirim SWL card, maka selanjutnya catatlah pada SWL card anda data-data QSO yang ada pada log book SWL contoh :

Pastikan bahwa, data-data pada SWL card Anda sudah cocok dengan data-data pada Log Book SWL.

Kesalahan dalam penulisan, maka boleh jadi SWL card anda dikembalikan kepada anda karena menurut mereka NOT In Log. Hal inilah yang menyebabkan anda akan mengalami kerugian finansial.

Kesalahan dalam penulisan boleh jadi berupa, Tanggal, Jam/UTC, Band, Mode, RST Sent dan atau Worked with dsbnya.

3. Siapkan Amplop Tujuan dan Amplop Kembali berikut dengan data-data nama dan alamat Negara tujuan untuk ber SWL-ing dan nama dan alamat anda.

4. Masukkan US$ atau IRC ( SASE ) anda kedalam Amplop Kembali dan pastikan bahwa US$ atau IRC ( SASE ) anda tidak terlihat dan tekuklah ( Lipat dibagi dua ) Amplop Kembali secara rapi.

Amplop Kembali berisi SASE Amplop Kembali yang dilipat dua

5. Masukkan Amplop kembali yang berisi US$ atau IRC berikut SWL card anda ke dalam Amplop Tujuan, seperti tampak pada gambar di bawah ini :
Amplop tujuan berisi, amplop kembali & SWL Card
Amplop Tujuan yang sudah direkatkan, & siap dikirim


6. Rekatkan dengan lem tambahan Amplop Tujuan agar supaya bahwa Amplop tersebut benar-benar ter isolasi dengan baik, sehingga tidak mudah dibuka oleh orang lain.

7. Amplop Tujuan Anda siap dikirim ke kantor pos.

8. Tunggulah 2-3 Minggu ke depan, SWL Card anda akan dibalas oleh Amatir Radio yang Anda tuju. Apabila perlu, catat tanggal kirim SWL card yang Anda kirim melalui pos udara.

9. Apabila mendapat balasan, maka anda sudah sempurna dalam mengadakan SWL-ing ( 100 % SWL-ing )

Demikian sekilas artikel ini telah buat untuk kalangan Amatir Radio. Ada pepatah mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak, Apabila ada kata-kata atau kalimat yang tidak berkenan mohon dimaafkan. Terima Kasih.


Di buat : Jakarta
Tanggal : 30 September 2007 / 11:32 UTC
Pengirim: John Gebyog, BLC-M-99

Tidak ada komentar: