Jumat, 07 Maret 2014

Mengintip WRTH 2014


WRTH-2014-coverWorld Radio TV Handbook atau WRTH saat ini memasuki tahun ke-68. Seperti diketahui, WRTH adalah panduan paling akurat dan lengkap mengenai radio seluruh dunia baik di jalur LW, MW, SW maupun FM, dan tersedia dalam bentuk cetakan dan CD.
Garis besar isi WRTH dibagi menjadi sebagai berikut:
Features-Bagian full colour ini berisi ulasan pesawat penerima dan peralatan pendukung, artikel tentang isu-isu topikal seperti radio digital, wawancara dengan penyiar, kondisi penerimaan siaran, peta berwarna yang menunjukkan lokasi pemancar SW, dan topik lain yang menarik untuk pendengar dan dxers.
Tahun ini, seperti pada edisi sebelumnya, dimulai dengan ulasan pesawat penerima, salah satunya adalah CommRadio CR-1, sebuah receiver yang menawarkan banyak fungsi dalam bentuknya  yang kecil, ringan dan portabel, serta memiliki kinerja yang sangat baik. Ulasan lainnya adalah AOR AR6000. Tercatat sebagai  “receiver super wide-band multimode,”  menurut analisis WRTH, receiver ini memiliki cakupan frekuensi  terluas dibanding receiver sebelumnya.  Software Ultra radio produksi WinRadio Excalibur terdefinisi, dinobatkan oleh WRTH sebagai  radio SDR terbaik, dan sekaligus receiver terbaik saat ini di pasaran. Ulasan lainnya pada WRTH edisi ini adalah AOR AR8200D, Youkits FG-01 Mk II dan FunCube Dongle Pro+.
Pada feature contributor, DXer terkenal sekaligus penyiar, Victor Goonetilleke mencerminkan nama yang beresonansi dengan pendengar radio dan pehobi satelit di seluruh dunia,  termasuk dalam era perubahan media penyiaran dewasa ini, diperkenalkan dengan panjang lebar. Di dunia DX, nama Goonetilleke sudah tidak asing lagi, selain karena pengalamannya dalam monitor yang sangat panjang, dia juga sangat aktif berkontribusi untuk beberapa klub-klub pendengar terkenal dunia.
Feature stasiun mengetengahkan Penyiaran di Sri Lanka. Ulasannya dimulai dengan asal muasal Radio Sri Lanka, yakni tahun-tahun awal Radio Ceylon, hingga Sri Lanka dikenal sebagai tempat yang terkenal dan unik dalam sejarah penyiaran internasional.
Penulis lepas, pengembara dan DXer, Hans Johnson,  menampilkan cerita yang menarik dalam feature Voice of Vietnam. Hans membawa pembaca ke belakang layar dari sejarah Voice of Vietnam mulai dari transmisi perdananya di Ho Chi Minh yang dibangun pada tahun 1945, sampai pada pelayanan dan perkembangan siaran eksternalnya  yang besar  saat ini. Lembaga penyiaran yang hidup dan sehat dari Vietnam.
Setelah ulasan  Digital  Future  yang  menggali  seluk beluk penyiaran digital dilihat dari waktu ke waktu. Tujuan jangka panjang, rencana besar dan banyak lagi elemen yang belum dicapai. Apakah dunia membutuhkan standar penyiaran radio digital?, feature edisi ini diakhiri dengan ulasan mengenai  kondisi penerimaan HF Broadcasting  yang diharapkan selama tahun 2014 stabil. Prediksi tahun ini untuk gangguan tipe rendah, dan penerimaan meningkat pada band penyiaran HF. Kebanyakan frekuensi  yang berlaku tahun 2014 sudah sesuai. Kondisi ini tentu saja menguntungkan dari segi pemantauan siaran.
National Radio – Bagian ini mencakup layanan radio domestik di seluruh dunia. Daftar diurut berdasarkan negara dan mencakup semua stasiun penyiaran pada gelombang panjang/long wave/LW, gelobang menengah/medium wave/MW, dan gelombang pendek/short wave/SW, serta sebagian besar stasiun penyiaran pada jalur FM, lengkap dengan alamat kontak.
International Radio – Rincian lengkap dari semua transmisi penyiaran internasional dipaparkan dalam bagian ini dan ditulis berurutan berdasarkan negara. Jadwal yang ditampilkan dalam penerbitan edisi WRTH adalah masa siaran ‘B’ atau frekuensi SW musim ‘dingin’ yang diperoleh dari berbagai sumber terpercaya, seperti jadwal yang diberikan oleh penyiar dan dikonfirmasi melalui pemantauan siaran, dilengkapi pula dengan siaran yang dipancarkan melalui LW atau MW oleh radio mitra mereka. Bagian ini juga berisi sub-bagian yang menampilkan daftar radio Clandestine dan Target siaran yang disisun berdasarkan negara tujuan atau sasaran siaran. Sementara itu, siaran ‘A’ atau jadwal siaran ‘musim panas’,  termasuk update rincian siaran, dibuat dalam format pdf yang dapat diunduh dari situs web WRTH biasanya pada bulan Mei setiap tahun. Harap dicatat-bahwa frekuensi siaran SW International berubah dua kali setahun. Musim ‘B’ mulai berlaku pada akhir Oktober setiap tahun sedangkan dan musim ‘A’ pada akhir Maret, itulah sebabnya mengapa dalam update WRTH didahului oleh ‘B’ kemudiam berikutnya ‘A’, sehingga jadwal periode Oktober 2013-Maret 2014 disebut sebagai ‘B13’ dan siaran Maret-Oktober 2014 disebut sebagai ‘A14’.
Biasanya dibutuhkan waktu 4-6 minggu setelah awal musim penyiaran untuk menetapkan  frekuensi terakhir yang mereka akan gunakan, sehingga penerbitan atau distribusi WRTH biasa dilakukan pada awal Desember setiap tahun. Meskipun demikian, dalam perjalanannya, sering kali terjadi perubahan. Tim WRTH senantiasa memantau semua frekuensi dan perubahan-perubahan yang terjadi untuk selanjutnya merilis informasi dan mempublikasikannya dalam website WRTH.
Frequency Lists-Bagian yang berisi daftar frekuensi siaran melalui gelobang menengah (MW) yang dikelompokkan berdasarkan frekuensi untuk masing-masing daerah atau negara, serta dimuat juga daftar semua frekuensi siaran internasional dan domestik melalui siaran SW, dan siaran SW internasional dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dilanjutkan dengan transmisi bahasa Portugis dan Spanyol, serta DRM yang keseluruhannya waktu berdasarkan UTC.
Television-Bagian TV memuat rincian penyiaran terestrial nasional utama, jaringan regional yang besar, dan beberapa stasiun lokal, disusun menurut abjad berdasarkan negara.
Reference-Bagian ini memuat tabel dan daftar-daftar: situs Transmisi Internasional dan Domestik, Standard Waktu dan Frekuensi Transmisi, informasi DX Club, Organisasi Internasional , dan informasi penting lainnya.
WRTH 2014 diedarkan dan dijual dengan harga sekitar US$30, sedangkan CD “WRTH Bargraph Frequency Guide” seharga US$10. Harga tersebut termasuk post domestik kelas 1 untuk wilayah Inggris. Sedangkan pemesan dari luar Inggris dikenkan ongkos kirim yang besarnya berbeda-beda tergantung negara tujuan. Untuk informasi pemesanan , silakan berkonsultasi : http://www.wrth.com/ (sumber : mapem )

Tidak ada komentar: