Jumat, 07 Maret 2014

Awal Mula Percobaan (pemancaran) Radio di India


terima kasih kepada Mr. Adrian Peterson (adrian.m.peterson@gmail.com) yang telah memberi saya izin untuk menggunakan artikel dari Wavescan.
Lebih dari satu setengah abad lalu pada tahun 1849 percobaan radio pertama terjadi di British India. Ketika itu Ratu Victoria (30 tahun) bertahta di Inggris, saat itu India berada di bawah kekuasaan East India Company.  Ibukota negara India ketika itu, Calcutta, adalah kota kedua terbesar di Kerajaan Inggris sedangkan London sebagai kota terbesar pertama.
Tahun 1849, Dr. Sir William O'Shaughnessy, pemimpin kantor telegram di Calcutta berhasil memancarkan signal melintasi Sungai Huldee dengan lebar 3/4 mil. Dia meletakkan dua kabel di sepanjang tepi Sungai Huldee, satu kabel di masing-masing sisi dengan lempengan logam pada ujung tiap kabel dan kedua lempengan itu dibenamkan di bawah air.
Kabel tersebut didukung oleh 250 sel baterei yang diisi dengan nitric acid dan  platinum electroda yang membuat proyek itu menjadi mahal. Meski terdapat kesulitan, terciptalah komunikasi antar kedua sisi sungai. Sembilan tahun kemudian dia melakukan percobaan serupa melintasi Danau Ootacamund di Tamilnadu India Selatan.
Pemimpin kantor telegram India berikutnya adalah Mr. Blissett. Pada 1858 dia mengadakan percobaan serupa dengan menggunakan kabel panjang di tiap tepi sungai dan cara ini mencapai keberhasilan.
Pada 1873 Mr. Winter melakukan observasi pada modulasi signal Morse antara kabel telegram parallel di kutub yang sama.
Tahun 1876 seorang teknisi di kantor telegram, Mr. Schwendler, melakukan komunikasi lintas sungai dengan cara yang sama seperti para pendahulunya. Percobaannya dilakukan melintasi Sungai Hooghly di Barrackpore dekat Calcutta, menggunakan kabel parallel dengan lempengan logam direndam di dalam air.
Pada 9 September 1879 seorang teknisi lain, Mr. W. P. Johnston, mengulangi percobaan yang sama melintasi perairan selebar 200 yard yang berada di dekatnya. Sembilan tahun kemudian dia melakukan banyak percobaan serupa melintasi kanal-kanal di daerah Calcutta , dan juga (percobaan) di Sungai Hooghly.
Mr. Johnston meninggal pada April 1889, posisinya diambil alih oleh Mr. Melhuish, yang juga melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan air sebagai media. Dia menemukan (gagasan) bahwa kabel-kabel yang diletakkan di tepi tiap sisi sungai setidaknya harus sama panjang dengan lebar sungai guna mencapai komunikasi yang handal.
Perlu diingat bahwa semua percobaan radio di India yang melibatkan komunikasi lintas sungai tersebut dilakukan dalam Kode Morse.
Upaya percobaan pemancaran dan penerimaan radio pertama di India dilakukan oleh Dr. Sir Jagadish Chandra Bose. Dia lahir pada 1858 di dekat Dhaka, Bangladesh, pada masa itu wilayah tersebut adalah bagian dari provinsi Bengal di British India.
Menjelang akhir tahun 1894, Bose memulai percobaan dengan kabel; dan pada November 1895, dia mengadakan pertunjukan publik di balai kota Calcutta dengan dihadiri Gubernur Letnan Bengal Sir William Mackenzie. Dalam pertunjukkannya ini Bose  memancarkan signal tanpa kabel dengan panjang gelombang hanya 1/2 inch pada jarak 75 kaki melalui sejumlah tembok kokoh. Dia juga menggunakan signal tanpa kabel untuk membunyikan bel dari kejauhan dan menembakkan senjata dari jauh.
Dalam dua kesempatan lain Bose menyampaikan kuliah umum di London, dia menyampaikan rincian percobaan radionya di Calcutta, India. Kuliah umum pertama terjadi pada 1897 sebelum Royal Institution, dan dua tahun kemudian sebelum Royal Society. Dalam presentasi tahun 1899, Bose memberikan rincian tentang pesawat (penerima) radio coherer yang telah dia kembangkan, dan diketahui bahwa seorang pengujicoba muda Italy bernama Marconi menggabungkan pesawat peneriama coherer yang dikembangkan pada pertunjukkan publiknya di Inggris. diterjemahkan oleh هند

Tidak ada komentar: