Rabu, 25 Desember 2013

Evaluasi pekerjaan urusan surat - menyurat pendengar - tahun 2013


(VOVworld) - Kira- kira dua pekan lagi, tahun 2013 akan lewat. Dengan perkembangan Tanah Air di semua bidang dalam kehidupan sosial- budaya di Vietnam yang dimanifestasikan melalui kemajuan-kemajuan dan prestasi di semua bidang yang dimuat dan dimutakhirkan secara sebenarnya oleh berbagai media masa untuk diperkenalkan kepada para pendengar dan pembaca. VOV pada umumnya, diantaranya ada siaran bahasa Indonesia (VOV5) setahun lagi mencapai prestasi yang menggembirakan dalam  urusan surat – menyurat dengan pendengar. Lebih besar lagi, kami telah mendapat dukungan, kerjasama yang antusitas dari pendengar dan pembaca. Program siaran bahasa Indonesia benar-benar menjadi jembatan penghubung aktif dengan pendengar Indonesia. Dalam acara kita untuk hari ini, kami mengiktisarkan kembali surat para pendengar Indonesia tahun 2013. 

Surat para pendengar. (Ilustrasi).
(Foto:vovtv.vov.vn
Dengan rencana yang ditetapkan pada tahun 2013 yalah menyerap partisipasi pendengar dan pembaca  yang semakin meningkat, target 800 surat untuk tahun 2013 telah dicapai oleh Program Siaran Bahasa Indonesia  dengan hasil yang di luar harapan yalah 1104 surat, naik  kira-kira 200 surat terbanding dengan 2012. Untuk bisa mencapai hasil ini, selain menangani surat, menjawab surat pos dan E-mail, memenuhi kebutuhan mencari tahu tentang negeri dan rakyat Vietnam, maka dari awal tahun 2013, program kami telah berencana menganekaragamkan acara ini dengan menggelarkan Kuis untuk pendengar dan pembaca dan Website, diantaranya pertanyaan yang bersangkutan dengan peristiwa-peristiwa menonjol di Vietnam, target kami merangsang pendengar dan pembaca lebih memperhatikan bidang-bidang dalam kehidupan masyarakat  Vietnam.
Dalam surat kepada kami, saudara Minlin di Jawa Barat menulis: “ Saya pribadi mengucapkan selamat kepada Vietnam, dengan terpilihnya Le Luong Minh menjadi Sekjen ASEAN. Mudah- mudahan, Beliau terus mendorong hubungan antara negara-negara anggota menjadi semakin kuat, berkesinambungan  pada masa depan”.  Atau dalam surat  kepada VOV pada November lalu, saudara Setyo Budiono di Jawa Tengah menulis: “Saya senang dan heran akan perkembangan pertanian di Vietnam, terutama sistem irigasi di Vietnam. Mudah- mudahan, kemajuan yang dicapai dalam pertanian  Vietnam semakin  banyak”.
Atau yang paling belakangan ini pendengar Ira S di Jakarta mengatakan: “Saya pribadi mengucapkan Vietnam yang terpilih menjadi anggiota Dewan Hak Asasi Manusia PBB. Kehadiran Vietnam di Dewa ini baik”.
    Dalam mendekati lebih lanjut lagi pada perhatian, hoby dan keinginan pendengar dan pembaca Indonesia  kami telah mendatangkan hasil baik. Pada tahun 2013, program siaran bahasa Indonesia telah menerima penilaian baik dari pendengar dan pembaca. Saudara M. Zainal di Jambi menilai: “ Menurut saya, siaran VOV memuat acara yang lengkap dan menarik. Dan para penyiar cukup bagus berbahasa Indonesia. Saya senang jika mendengarkan VOV karena acaranya menarik. Segala sesuatu tentang VN bisa  didapat di VOV. SINPO 55545”.
Disamping upaya dan semangat sepenuh hati dengan acara ini, kami mendapat banyak dukungan dan sumbangan semangat para pendengar, diantaranya ada para anggota berbagai Kelub pendengar, misalnya MAPEM Club, Borneo’ Listener Club, Always Club. Setiap kali ada pendengar yang diberikan hadiah Kuis bulanan, semuanya diumumkan dan disosialisasikan di Buletin-nya di Indonesia. Ini justru merupakan reaksi positif dari penggelaran Kuis-Kuis kecil dalam acara Kotak Surat Anda. Saudara Rudy Hartono, Ketua Kelub Borneo’Listener Club mengatakan: "Sebagai pendengar, saya juga bangga akan  Radio Suara Vietnam (VOV) yang selalu memberikan penghargaan kepada pendengar aktif dari  Radio Suara Vietnam setiap tahunnya. Dan setiap 5 tahun sekali pendengar memberikan medali dan penghargaan khusus dari VOV. Hal ini tentunya memberikan respon positif kepada pendengar yang selalu mengdengarkan VOV dan tentunya, kita- pendengar mengirimkan laporan pemantauan secara rutin kepada VOV. Ketika  Saya ditanya sebagai Ketua BLC tentu saya sangat beruntung. Anggota BLC menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap VOV dimana respon VOV untuk mengirimi surat maupun suvenir kepada anggota BLC sangat baik. Kami berharap komunikasi ini tetap terjalin baik walaupun lewat udara , maupun media sosial facebook atau media online VOV."
Tidak hanya merangsang pendengar dan pembaca saja, program kami juga menaruh perhatian pada pendengar dan pembaca melalui aktivitas-aktivitas berbagai Kelub pendengar di Indonesia. Ketika mendapat informasi tentang pertemuan pendengar di Indonesia, kami dengan tepat waktu mengirim program, stickter, pin, suvenir dan kaos VOV. Untuk mehyosialisasikan VOV pada umumnya dan program siaran bahasa Indonesia pada khususnya. Sebaliknya, tidak sedikit pendengar yang telah menganggap hari-hari penting dan tonggak sejarah di Vietnam seperti di negaranya.
Sampai seberapa jauh usaha penterjemah, maka sekian pula usaha para penyiar dalam cara menyiarkan informasi di gelombang Radio. “Apakah para penyiar orang Indonesia?" Pertanyaan yang saudara-saudara ajukan justru merupakan pengakuan dan penegasan akan profesionalisme dan cara membaca baik dari para penyiar VOV bahasa Indonesia.
Tidak  berhenti di situ, program  siaran kami mencari tahu  keinginan dan kebutuhan pendengar dan pembaca dan telah menggelarkan rubrik “Mengajar bahasa Vietnam” untuk membantu mereka mencari tahu akan bahasa dan belajar kata-kata Vietnam yang sederhana dalam pergaulan. Ada pendengar yang telah mengirim surat dan laporan dalam bahasa Vietnam  yang dilampiri pertanyaan dan  salam kepada kami. Hanya dalam acara yang durasinya kira- kira 4 menit saja, untuk bisa memenuhi permintaan  pendengar dan pembaca, kami tambah lagi bagian "Masuk dapur” untuk memperkenalkan kuliner Vietnam dengan masakan- masakan enak di tiga bagian negeri Vietnam, sehingga  mendatangkan  keragaman untuk acara ini.
Tahun baru  tiba dengan kru bahasa Indonesia (VOV) yalah satu rencana yang lebih baru, lebih anekaragam dalam melayani pendengar di gelombang dan pembaca di website VOV. Pak Nguyen Anh Dung, Kepala Seksi bahasa ASEAN mengatakan:“Dengan hasil-hasil yang dicapai dalam pekerjaan urusan surat-menyurat dengan pendengar, kami menganggapnya sebagai fundasi untuk menggelarkan lebih baik acara Kotak Surat Anda pada tahun mendatang. Akan tetapi, untuk bisa lebih mendekati pendengar dan pembaca, kami berharap terus menerima surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio, serta umpan balik para pendengar dan pembaca  di Website tentang isi siaran dan cara membaca dari  para penyiar  agar  acara  Kotak Surat Anda semakin maju”
Untuk mencatat dukungan dan kerjasama pendengar terhadap VOV, pada tahun 2013, VOV terus memberikan hadiah kepada para pendengar setia, nama–nama yang beken, misalnya Rudy Hartono, Harsubeno Lesmana, Harzairin Junep, Eddy Setiawan, M. Sumantri, Alex Torbeni dan banyak wajah baru, misalnya M.Zainal, Sutomo, Roni Yusiento.. sekali lagi membuktikan kesinambungan kesetiaan dari jembatan penghubung  yang bersahabat, mesra dan terpercaya antara VOV dengan pendengar.
Untuk mengakhiri acara kita untuk hari ini, sekali lagi, Program Siaran Bahasa Indonesia (VO5) mengharapkan agar pada tahun 2014, VOV terus mendapat dukungan, kerjasama dan perasaan baik para pendengar. Kami mengharapkan, satu tahun yang aman sentosa dan berbahagia  untuk saudara-saudara./.
Tu Thu

Tidak ada komentar: