Rabu, 25 Desember 2013

Radio Slovakia International Berharap Memulai Lagi Siaran Gelombang Pendek




Terima kasih banyak kepada pembaca SWLing Post, Dominik, yang memperlihatkan kepada kita newsletter terbaru National Association of Shortwave Broadcasters (NASB), yang menyatakan Radio Slovakia International sekali lagi berkeinginan siaran di gelombang pendek dari Slovakia.
“NASB mengadakan konferensi B13  bekerja sama dengan Radio and Television Slovakia (RTVS) dan siaran internasionalnya, Radio Slovakia International (RSI). RSI menghentikan siaran gelombang pendek dari Slovakia pada akhir 2010, namun WRMI di Miami melanjutkan relay siaran stasiun tersebut dalam bahasa Inggris dan Spanyol ke benua Amerika sejak Januari 2011. Dan RSI ingin memulai kembali siaran-siaran gelombang pendek dari Slovakia dalam waktu dekat jika pendanaan bisa dipulihkan.”
Berikut ini kutipan Newsletter NASB yang berisi sambutan dari Maria Mikusova, kepala Radio Slovakia International:
[...] Selasa pagi, 27 Agustus, konferensi HFCC dimulai dengan sambutan dari Maria Mikusova, kepala of Radio Slovakia International. “Sebagaimana yang dikemukakan kemarin oleh direktur umum Radio and Television Slovakia,”dia mengatakan, “kenyataan bahwa konferensi ini berlangsung di Bratislava adalah suatu inspirasi serta dorongan yang sangat kuat bagi kami. Konferensi tersebut memperluas wawasan kami – para jurnalis dan profesional dari siaran asing Radio Slovakia International, atas nama mereka saya juga ingin mengucapkan selamat datang di Bratislava.”
Mrs. Mikusova mengatakan bahwa RSI telah menerima umpan balik dari pendengar di 130 negars. “Inti dari umpan balik tersebut,” dia mengatakan, “berasal dari siaran acara kami melalui gelombang pendek. Kami meninggalkan gelombang pendek hanya baru-baru ini, pada awal tahun 2011, dan tidak sepenuhnya.” Dia menyatakan RSI masih berada di gelombang pendek melalui WRMI di benua Amerika.
Mrs. Mikusova mengatakan RSI sedang sibuk mengembangkan website baru. “Dalam hal variasi bahasa yang kami siarkan, anda dapat mendengarkan RSI dalam 6 bahasa, sama dengan yang disiarkan Radio Prague, patner dan kolega terdekat kami dari Ceko. Website ini memperlihatkan kekuatan tradisi serta kemampuan dan upaya kami untuk mempertahankan siaran dalam era terbukanya saluran komunikasi yang banyak diminati melalui internet dan jejaring sosial.”
Mikusova mengatakan RSI masih menerima umpan balik dari pendengar di Russia dan  stasiun tersebut masih mengirimkan kartu QSL kepada para pendengar. “Kami menganggap hal ini menjadi bentuk komunikasi yang sangat penting dengan para pendengar, meskipun kami tahu QSL secara tradisi merupakan komunikasi gelombang pendek.”
“Saya berharap yang terbaik untuk konferensi ini,” dia melanjutkan. “Konferensi anda memungkinkan kami mengetahui pekerjaan anda dengan lebih baik dan membuat kami merasa masih sebagai bagian dari jaringan gelombang pendek. Bagi kami konferensi ini adalah yang pertama kalinya,  mengetahui tentang jaringan gelombang pendek serta pentingnya untuk penyiaran (informasi). Namun dalam waktu yang sama juga mengungkap betapa strategisnya siaran radio dan pemancar gelombang pendek di tengah dunia modern. Akhirnya, sikap dan strategi masa depan Radio and Television of Slovakia adalah membawa kembali RSI ke siaran gelombang pendek. Meskipun masalah ini belum diputuskan, hal itu menunjukkan betapa pentingnya konfernsi HFCC di Bratislava, dan mengapa kami RSI sangat tertarik padanya.”  
Sumber: swling.com/blog/ - هند

Tidak ada komentar: