Rabu, 25 Desember 2013

BBC Mengumumkan Penutupan Stasiun Relay Seychelles



 

Badan Penyiaran Inggris (BBC) mengumumkan bahwa situs pemancar Stasiun Relay Samudera Hindia (IORS) di Grand Anse, Mahé, akan menghentikan semua transmisi gelombang pendek pada 29 Maret 2014.
Situs itu didirikan pada 1988 dan terus beroperasi sejak saat itu, merelay siaran-siaran BBC ke audiens terutama di Afrika Timur dalam bahasa Inggris dan Somali.
Penutupan itu tidak akan mempengaruhi ketersediaan acara-acara BBC World Service programmes di Seychelles, yang direlay dari siaran satelit di frekuensi lokal FM 106.2, 105.6 and 105.2MHz. Di wilayah-wilayah Afrika Timur yang masih tergantung pada siaran gelombang pendek signal akan disediakan dari stasiun relay lain. Pengumuman tersebut menyusul keputusan sebelumnya untuk menghentikan seluruh siaran gelombang pendek dari situs  BBC World Service di Siprus karena alasan komersial, teknologi dan jangakauan audiens.
Sayangnya pengumuman tersebut akan mengakibatkan kelebihan 11 orang staf.  Para staf tersebut telah mengoperasikan serta menjaga fasilitas siaran gelombang pendek itu dengan semangat, keahlian dan profesionalisme selama 25 tahun. Kemampuan teknis dan komitmen tim IORS juga sangat diakui oleh BBC World Service.
Keputusan untuk menutup situs tersebut diambil karena perubahan situasi keuangan dan teknologi. Ketika banyak negara yang berkembang dan pasar media mereka terbuka, kebiasaan mendengarkan dan menonton berubah. Teknologi baru telah merubah cara audiens mendengarkan siaran-siaran BBC dan mengurangi pentingnya siaran gelombang pendek di banyak daerah yang sekarang ini disediakan oleh IORS, hal itu membuat IORS tidak bisa dipertahankan secara komersial.
BBC mendukung perkembangan platform baru seperti internet dan  mobile streaming serta  radio FM dan siaran TV. Siaran-siaran gelombang pendek akan terus tersedia ke wilayah-wilayah dan pasar dimana tingkat pendengaran radio masih tinggi  dan ke wilayah dimana  siaran BBC dapat dipancarkan ke area yang luas secara efisien.
Sumber: swling.com/blog/ - هند

Tidak ada komentar: