Sabtu, 07 September 2013

Radio Suara Vietnam diperbarui dari hari ke hari


(VOVworld)- Pada hari-hari awal bulan September ini, tidak hanya dengan gembira menyambut Hari Kemerdekaan Nasional saja, para pejabat dan petugas Radio Suara Vietnam (VOV) juga menyambut satu hari istimewa yaitu tanggal 7 September, hari peringatan ultah ke-68 lahirnya VOV. Selama 68 tahun terbentuk dan berkembang, VOV telah mencapai banyak keberhasilan, terus menegaskan posisinya sebagai satu organ penting dari Pemerintah Vietnam.


VOV bermarkas di Jalan Quan Su, No 58 kota Hanoi
(Foto: infomap.vn)

Di alamat Jalan Quan Su, No.58,  kota Hanoi ada satu gedung yang modern, megah dan mencuat di tengah-tengah jantungnya ibukota Hanoi, sebagai pengganti dari citra villa gaya Perancis yang lama. Ini adalah gedung penyiaran nasional, tempat VOV bermarkas.

Dalam proses perkembangan selama 68 tahun ini VOV selalu berhasil menegaskan posisi sebagai organ penting dari Pemerintah Vietnam, menyampaikan semua haluan, garis politik dan kebijakan Partai Komunis dan Negara kepada penduduk. Pada hari-hari awal, semua program VOV hanya terdiri dari acara-acara berita, berita aktual, program-program kesenian, dll, dengan target menyemangati semangat rakyat. Sampai sekarang, VOV telah menyiarkan lebih banyak acara baru, mengabdi kebutuhan semua pendengar, dari anak-anak, kalangan pemuda sampai kaum lansia, dll. Sejak tahun-tahun 60an, ketika baru berumur 8 atau 9 tahun, bapak Nguyen Thong di kabupaten Yen Dung, provinsi Bac Giang telah punya hobi mendengar radio dan sejak saat itu, dia mendengarkan VOV di setiap tempat dan setiap saat, karena menurut dia, VOV adalah sumber informasi yang terpercaya, tepat waktu, “bicara sangat tepat, sangat kena sasaran dan sangat bagus”. 

Bapak Nguyen Thong mengatakan: “Pada masa ekslposi informasi seperti sekarang, saya tetap menganggap VOV sebagai sahabat yang akrab. Ketika masuk ke dalam hutan hutan, hanya memerlukan satu unit radio kecil yang ditaruh di saku baju atau digantung di ranting pohon saja, kami bisa bekerja sambil mendengarkan radio. Pada masa kini sudah ada telephon genggam, kami tetap bisa bekerja sambil mendengarkan radio, sangat kondusif sekali. VOV sangat dekat dan akrab dengan kami”.


Kanal VOV Lalu Lintas 91 MHz
(Foto: vov.vn)

Dengan 4 ragam media: radio, televisi, koran cetak dan koran elektronik, VOV telah memberikan banyak pilihan kepada penduduk untuk mendekati informasi. Lahirnya kanal televisi VOV, kanal VOV Lalu Lintas 91 MHz, website vov.vn, vovworld.vn, dll sedang berangsur-angsur menegaskan brand VOV bagi para pemirsa, pendengar dan pembaca.

Tepat pada 7 September, 68 tahun lalu, program-program siaran luar negeri pertama juga resmi disiarkan dalam beberapa bahasa seperti: bahasa Inggeris, bahasa Perancis, bahasa Guangdong, bahasa internasional dan menjadi jembatan penghubung Vietnam dengan sahabat-sahabat internasional. Bersama dengan tumbuh mendewasanya VOV, Kanal Siaran Luar Negeri (VOV5) juga tidak henti-hentinya berkembang. Sampai sekarang VOV5 telah menyiarkan program siarannya dalam 12 bahasa diantaranya ada bahasa-bahasa Inggeris, Perancis, Spanyol, Rusia, Jerman, Jepang, Mandarin, Indonesia, Thailand, Khmer, Laos dan bahasa Vietnam untuk orang Vietnam yang tinggal jauh dari Tanah Air. 

Deputi Menteri Luar Negeri Vietnam, Bui Thanh Son, mengatakan: “Kini, sambil duduk di Amerika Serikat atau di mana saja di dunia, kita tetap bisa menangkap gelombang siaran VOV dengan volume dan kualitas yang sangat tinggi, suaranya juga jelas. Kami memberikan apresiasi akan upaya dari para wartawan, redaktor, seluruh badan redaktor, khususnya Badan Redaksi VOV5. Ini adalah satu kanal siaran informasi dan budaya bangsa yang beraneka-ragam dan kaya raya dalam banyak bahasa”.


Para redaktor VOV
(Foto: vovtv.vn)

Melalui gelombang siaran VOV5, sahabat-sahabat internasional mengetahui Tanah Air Vietnam yang indah dengan ciri-ciri budaya yang khas, rakyatnya akrab. Saban tahun, VOV5 menerima kira-kira 10.000 surat dari para pendengar dari 73 negara dan teritorial, yang isinya menyatakan kecintaan mereka terhadap VOV5 pada khususnya serta VOV pada umumnya. Isi semua program siaran dari VOV5 juga dimuat di website www.vovworld.vn membantu pendengar asing lebih mudah mendekati informasi tentang Vietnam. Setiap hari ada kira-kira 10.000 orang dari 153 negara dan teritorial mengakses website ini. 

Seiichi Kuriki, Direktur Produksi, Badan Komunikasi Multi-bahasa Radio NHK, Jepang, sekaligus seorang pendengar yang setia dari VOV, menilai: “Dulu isi program VOV sangat terbatas tapi sekarang sudah berbeda. VOV sudah menyediakan program-program hiburan, pendidikan dan program berita aktual yang sangat menarik. Setiap hari walaupun di Jepang, tapi saya tetap bisa mendengar VOV melalui jaringan internet dan Smart Phone. Saya bisa mendapat informasi secara sangat cepat dan beraneka-ragam tentang dunia dan Vietnam. Terbanding dengan 10 tahun atau 20 tahun lalu, pada saat itu saya sudah tahu tentang Vietnam, tapi tidak bisa dibayangkan bahwa Anda Sekalian bisa memberikan informasi secara beraneka-ragam seperti ini”.

Sudah hampir 70 tahun berjalan seperjalanan dengan Tanah Air sejak hari lahirnya Republik Demokrasi Vietnam (yang sekarang adalah Republik Sosialis Vietnam), VOV tetap tidak henti-hentinya berkembang dan tumbuh mendewasa. Semua program dengan brand VOV selalu merupakan santapan rokhani yang digemari para pemirsa dan pendengar dalam dan luar negeri./. 
Le Phuon

Tidak ada komentar: