Sabtu, 07 September 2013

Programa Radio Jepang NHK 7 - 15 September 2013


7 September
(Sabtu)
Mari Menyanyi: Lagu "Zutto Suki Datta" dari Kazuyoshi Saito

photo
Penyiar Vinicius Furuie dan Emi Ogawa

Lagu bulan September adalah dari Kazuyoshi Saito yang berjudul "Zutto Suki Datta" (Saya Selalu Mencintaimu). Dengan bantuan musisi Emi Ogawa, penyiar bahasa Portugis kami Vinicius Furuie, mencoba menyanyikannya.
8 September
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
9 September
(Senin)
Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 23: Kopi atau Teh Disajikan Bersama Makan Siang

photo

Setelah berbelanja, Kuon dan timnya pergi ke restoran.

Nippon Q&A: Melestarikan Lukisan Dinding
Seorang pendengar dari Thailand bertanya bagaimana lukisan-lukisan Jepang yang ada di permukaan dinding tanah dilestarikan. Kami akan menjawab pertanyaan tersebut.
10 September
(Selasa)
Fokus Radio Jepang: Perlombaan Luar Angkasa Internasional Menuju ke Bulan

photophoto
(Kiri) Kendaraan eksplorasi tak berawak milik tim Jepang ©HAKUTO
(Kanan) Takeshi Hakamada, ketua tim Jepang ©HAKUTO

Sebuah perlombaan luar angkasa yang disponsori perusahaan teknologi informasi Amerika Serikat, Google, untuk melakukan eksplorasi ke bulan saat ini tengah menarik perhatian. Misi itu bertujuan mengirimkan kendaraan tidak berawak ke permukaan bulan selambatnya akhir 2015. Kendaraan itu akan melakukan sejumlah tugas seperti mengambil gambar-gambar video di permukaan bulan. Kami akan mengulas tentang upaya sebuah tim dari Jepang yang mengikuti perlombaan itu.

Sastra Jepang: Seikat Anggur - Bagian 2
photo

Aku seorang anak lelaki Jepang yang belajar di sekolah yang muridnya orang-orang barat. Aku begitu menginginkan cat lukis impor bermutu milik seorang teman sekelasku, sampai-sampai saat istirahat aku hanya bisa memikirkan cat itu. Inilah bagian kedua dari 6 rangkaian cerita berjudul Seikat Anggur.
11 September
(Rabu)
Fokus Radio Jepang: Kisah Penyanyi "Chanson" Jepang, Hidemi Sasaki

photo
Penyanyi "chanson" Jepang, Hidemi Sasaki

Penyanyi "chanson" asal Jepang Hidemi Sasaki memilih profesinya itu karena kekagumannya pada penyanyi populer Prancis Edith Piaf yang meninggal dunia 50 tahun lalu. Walaupun Hidemi seorang lelaki, tapi di panggung ia tampil sebagai seorang wanita dan berhasil menembus batasan gender dan usia dengan kemampuan menyanyinya yang memukau para penonton. Kami akan mengulas kiprahnya dan perasaannya saat menyanyi.

Berkenalan dengan Teater Mahasiswa ENJUKU (Bagian 1)

Enjuku adalah teater musikal bahasa Jepang yang beranggotakan mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa Jepang di perguruan tinggi di Indonesia. Dalam bagian pertama ini kami akan mengajak Anda melongok kegiatan mereka lewat obrolan dengan salah seorang pengurusnya, Nur Shabrina Salsabila.
12 September
(Kamis)
Fokus Radio Jepang: Profesi Penyokong Olahraga Sumo

photophoto
(Kiri) Tokoyama, profesi khusus yang mengurusi tatanan rambut para pesumo
(Kanan) Gyoji, juri dalam pertandingan sumo

Olahraga gulat tradisional Jepang Sumo kini sudah memiliki banyak penggemar di luar negeri. Para pesumo itu disokong oleh banyak pihak, mulai dari "gyoji" atau juri, "yobidashi" yang membantu para pesumo di sekitar gelanggang, hingga ke "tokoyama" yang mengurusi tatanan rambut khas para pesumo. Kami akan mengulas tentang pihak-pihak yang ikut menunjang olahraga sumo.

Berkenalan dengan Teater Mahasiswa ENJUKU (Bagian 2)

Dalam bagian kedua tentang teater mahasiswa Enjuku kami akan menghadirkan perbincangan dengan Sukago Kaikiri, penasehat Teater Mahasiswa Enjuku yang akan bercerita tentang kiprah teater mahasiswa yang sudah berusia 5 tahun itu.
13 September
(Jumat)
Halo dari Bandung (Bagian 1)

photophoto
(Kiri) Peserta Temu Pendengar termuda yang masih berusia belasan tahun
(Kanan) Para pendengar senior Radio Jepang

photophoto
(Kiri) Rombongan peserta yang datang jauh-jauh dari Kalimantan
(Kanan) Foto bersama dengan para peserta Temu Pendengar

Mulai hari ini kami akan menyajikan laporan khusus dari acara Temu Pendengar 2013 yang digelar di Bandung dalam rangka peringatan 60 tahun Siaran Bahasa Indonesia Radio Jepang. Di bagian pertama kami akan mengobrol dengan beragam kalangan pendengar, mulai yang termuda hingga paling senior dan yang datang jauh-jauh dari luar Jawa. Apa pendapat dan saran mereka tentang Radio Jepang? Jangan lewatkan bagian pertama laporan khusus ini.
14 September
(Sabtu)
Halo dari Bandung (Bagian 2)

photophoto
Ke enam finalis Lomba Mari Menyanyi dalam rangka Temu Pendengar 2013 di Bandung

Dalam bagian kedua laporan khusus Temu Pendengar Radio Jepang 2013 di Bandung, kami akan laporkan tentang acara Lomba Mari Menyanyi yang diikuti oleh 6 finalis dari berbagai kalangan. Simak penampilan mereka dan juga komentar para juri.
15 September
(Minggu)
Halo dari Bandung (Bagian 3)

photophoto
(Kiri) Para juri Lomba Mari Menyanyi dalam rangka Temu Pendengar 2013
(Kanan) Santika, pemenang Lomba Mari Menyanyi yang masih berusia 13 tahun.

Dalam bagian kedua laporan khusus Temu Pendengar Radio Jepang 2013 di Bandung, kami sajikan bagian akhir acara Lomba Mari Menyanyi. Siapakah yang terpilih menjadi juara? Simak hasil keputusan para juri.

Tidak ada komentar: