Sabtu, 21 September 2013

Programa NHK 22 sd 29 Sept 2013

22 September
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
23 September
(Senin)
Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran: Saya Dapat Ini Di Depan Stasiun

photo

Ibu Yamada memberikan satu paket tissue kepada Kuon yang terkena gejala flu.

Nippon Q&A: Kapal Selam Riset Laut Dalam
Kami akan menjawab pertanyaan seorang pendengar di Rusia yang ingin tahu apakah Jepang punya kapal selam untuk survei laut dalam.
24 September
(Selasa)
Fokus Radio Jepang: Kayu Jepang Yang Mulai Populer di Asia

photophoto
(Kiri) Hutan Cedar
(Kanan) Galeri seni di Paju, Korea Selatan yang dibangun dengan bahan kayu cedar asal Jepang

Meskipun industri kehutanan Jepang tengah mengalami masa-masa sulit, namun ekspor kayu ke Cina dan Korea Selatan kini semakin meningkat. Jumlah kayu asal Jepang yang diekspor dalam paruh pertama tahun ini dua kali lipat dari tahun lalu. Kami akan mengulas tentang pertumbuhan ekspor kayu di Jepang yang didukung oleh upaya untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan setiap negara.

Sastra Jepang: Seikat Anggur Bagian 4
photo

Aku mencuri cat lukis yang mahal dari temanku orang barat. Tapi aku tertangkap oleh teman-teman sekelas dan mereka melapor ke guru.
25 September
(Rabu)
Fokus Radio Jepang: Strategi Baru J.League Yang Diarahkan ke Pasar Asia Tenggara

J. League, liga sepakbola profesional Jepang, tahun ini berulang tahun ke 20. Sejak pertama dibentuk, jumlah klub yang tergabung dalam liga itu sudah berkembang empat kali lipat, namun jumlah pemasukan tidak lagi meningkat, diantaranya akibat resesi. Kini J.League berusaha mencari cara dengan mengincar pasar Asia Tenggara, dimana pertumbuhan ekonomi dan popularitas sepakbola sangat tinggi. Kami akan ulas tentang strategi baru J.League yang berharap meraih penggemar baru di Asia Tenggara lewat tayangan televisi pertandingan J.League di negara-negara itu.

Pojok Tamatebako: Forum Nihongo-jin (Bagian 1)
photophoto
(Kiri) Dari kiri ke kanan: Evi Lusiana dari Japan Foundation Indonesia; Zeny Kurniawan, guru SMAN 4 Denpasar; Andika Dewi Kurnia, guru SMAN 112 Jakarta.

Pojok Tamatebako hari ini dan besok akan melaporkan tentang Forum Nihonggo-jin atau Forum Penutur Bahasa Jepang, sebuah kegiatan yang mengundang para guru bahasa Jepang beserta siswa mereka dari sejumlah negara ASEAN. Dibagian pertama kami akan berbincang dengan dua guru bahasa Jepang SMA asal Indonesia serta serta perwakilan dari Japan Foundation Indonesia, mengenai perkembangan pengajaran bahasa Jepang di sekolah menengah atas di Indonesia.
26 September
(Kamis)
Fokus Radio Jepang: Seniman Kaca Yang Terus Menghidupkan Seni Kabuki

photophoto
(Kiri) Masao Nagai, seniman kaca
(Kanan) Sisir dan tusuk rambut kabuki buatan Nagai

Kabuki adalah salah satu seni tradisional terkenal Jepang. Namun baru-baru ini para seniman yang membuat asesoris seperti sisir dan tusuk rambut yang tidak terpisahkan dari dunia kabuki, satu per satu telah pensiun. Mendengar kabar ini, sejumlah seniman kaca yang tidak ada hubungannya dengan kabuki, turun tangan membantu membuatkan asesoris-asesoris tersebut. Kami akan ulas kegiatan para seniman ini dan upayanya untuk terus menghidupkan seni kabuki.

Pojok Tamatebako: Forum Nihongo-jin (Bagian 2)
photophoto
(Kiri) Kiri ke kanan: Arvida Novia Rahmatika dari SMAN 112 Jakarta; Fatimah Az Zahro dari SMAN1 Sidoarjo; Ulfa Dynna dari SMAN 3 Bukittinggi dan Mohammad Vico Rizkita Wisnu Laksana dari SMAN 4 Denpasar

Di bagian kedua ini kami akan berbincang dengan para siswa sekolah menengah atas dari sejumlah daerah di Indonesia yang diundang ke Forum Nihonggo-jin. Apa saja kegiatan mereka dan apa kesan mereka selama menetap di Jepang selama 10 hari? Jangan lewatkan perbincangannya.
27 September
(Jumat)
Ayo Masak Makanan Jepang: "Kabocha no nimono"

photophoto
(Kiri) "Kabocha no nimono"
(Kanan) Bahan-bahan

Kali ini kami akan mengajari Anda memasak "Kabocha no nimono" atau labu rebus yang merupakan makanan favorit di Jepang. Rasa manis dari labu dan rasa kecap asin Jepang atau soyu sangat menggugah selera. Kami juga akan tunjukkan bagaimana orang yang masih awam dengan masakan Jepang sekalipun akan bisa membuat masakan yang lezat dan bagus penampilannya ini.
28 September
(Sabtu)
Budaya Pop Jepang: Tokyo Girls Collection, Pameran Fashion Besar Jepang

photophoto
(Kiri) Pameran Tokyo Girls Collection 2013 untuk musim gugur atau musim dingin
(Kanan) Kumiko Iijima, perancang pakaian untuk Kyary Pamyu Pamyu

Kali ini kami akan mengajak Anda ke pameran fashion Jepang besar Tokyo Girls Collection. Akan hadir pula sosok Kumiko Iijima yang dikenal sebagai perancang pakaian untuk penyanyi Kyary Pamyu Pamyu. Ia akan menceritakan rahasia dibalik gagasannya menciptakan pakaian-pakaian yang lucu dan unik.

Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran: Saya Dapat Ini Di Depan Stasiun (ulangan)
photo

Ibu Yamada memberikan satu paket tissue kepada Kuon yang terkena gejala flu.
29 September
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: