Sabtu, 13 Oktober 2012

The State We`re In akan Diakhiri



Sungguh, berita menyedihkan: Saya berharap The State We`re In (juga dikenal sebagai TSWI) akan bisa bertahan dari pemangkasan anggaran RNW, mungkin dengan mendapatkan pendanaan independen. Sayangnya ini bukan permasalahannya dan kita akan bersedih karena kehilangan sebuah program unggulan radio internasional.
Dalam pandangan saya, The State We`re In mewakili sejumlah dokumenter radio terbaik: TSWI telah memenangkan penghargaan internasional, termasuk tiga New York World Medals pada tahun 2010 dan juga Gabriel. Ira Glass, seorang pembawa acara berbakat This American Life dari Chicago Public Media memuji TSWI sebagai “penilaian editorial yang menakjubkan,” dan sudah sepantasnya bila Glass menyebut pembawa acara TSWI Jonathan Groubert sebagai salah satu pembawa acara berita terbaik dalam masa kini.
Saya berharap bagaimanapun TSWI akan mendapatkan pendanaan untuk bangkit kembali. Kami benar-benar tidak bisa (dan jangan!) mengizinkan program bermutu ini hilang dari 12 juta pendengar di planet ini.

(sumber: TSWI di facebook)
Kami mempunyai berita buruk:
The State We`re In akan dihentikan. Seperti yang mungkin anda ketahui, tahun lalu RNW terbentur oleh pemangkasan anggaran yang drastis sebesar 70%. Pada saat itu kami mendapatkan jaminan dari managemen Radio Nederland bahwa program ini tetap menjadi bagian integral Radio Nederland, namun kini jaminan itu tidak ada lagi.
Perubahan dalam mandat organisasi yang lebih berfokus pada negara-negara di dunia yang sedang berkembang dan transisi ke managemen baru yang lebih lambat dari yang diperkirakan membuat kami tidak dapat melanjutkan program ini.
TSWI pergi dengan kebanggaan: merupakan program yang paling banyak disiarkan dan didownload sepanjang sejarah panjang Radio Nederland dan memenangkan berbagai penghargaan dari tokoh industri radio dari seluruh dunia.
Program tersebut didengarkan di pasaran radio publik terkemuka di AS, Kanada, Australia, Irlandia serta di pasaran tertentu di India dan Afrika. Keseluruhan audiens mencapai 12 juta orang. Kami akan merindukan anda dan semua yang terlibat, respon bijaksana dari anda yang telah diudarakan. Merupakan sebuah keistimewaan membawakan program tersebut – yang kadang-kadang cerita-cerita yang anda beritahukan kepada kami – untuk disoroti.
Program terakhir kami akan diproduksi pada akhir Oktober dan akan ada sejumlah pengulangan setelah itu.

Greg Kelly, Editor TSWI.
(www.swling.com/blog)•hind

Tidak ada komentar: