Sabtu, 20 Oktober 2012

Orang-orang yang mendapat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Vietnam

13 Oktober 2012
(VOVworld) – Kami  sangat gembira  ketika bertemu kembali dengan Anda Sekalian dalam acara: “KOTAK SURAT ANDA”. Pada pekan ini, Radio Suara Vietnam (VOV)  telah menerima 132 surat dari 26  negara dan teritorial, khususnya  program siaran bahasa Indonesia  menerima 16 surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio yang terinci berserta penilaian-penilaian yang sangat bermanfaat  dari Anda Sekalian, diantaranya ada saudara-saudara Eddy Setiawan di Jakarta Timur, Rudy Hartono di Kalimantan Barat, Kemal di Surabaya, Ana Safitri di Jawa Tengah dan beberapa pendengar yang lain. Kami berterimakasih kepada saudara-saudara yang secara permanen memantau  program siaran dan mengirim surat kepada  VOV.     


Di Vietnam, Surat Izin  Mengemudi  hanya diberikan kepada  orang  yang berumur dari 18 tahun ke atas.
( Foto: tinmoi.vn)


Saudara  pertama yang ingin kami ajak  omong-omong  ialah saudara  Eddy Setiawan di Jakarta Timur.  Saudara yang budiman! Kami telah menerima  surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio dari Anda. Dalam surat ini, Anda  memberitahukan kualitas gelombang siaran tanggal 6 Oktober di frekuensi 9840 Khz, SINPO 33443 dan di frekuensi 12020 Khz SINPO 34443. Anda memberitahukan: “Saya  tertarik dengan cerita tentang sepeda di Vietnam. Sekarang, di Jakarta  pemakai sepeda sudah berkurang.  Anak-anak  di atas 15 tahun  sekarang sudah lebih suka menaiki  motor, meskipun  menurut peraturan  lalu lintas, sebelum 18 tahun, belum bisa memiliki Surat Izin Mengemudi. Apakah di Vietnam banyak anak-anak yang baru berumur 15 tahun  sudah diizinkan mengendarai motor”.



Orang yang mendaftarkan SIM harus ada rekomendasi dari armada sepeda motor  tingkat provinsi atau kota baru bisa  berhak pakai sepeda motor dengan volume besar (lebih dari 175 CC).
(Foto: Internet)

Saudara yang budiman!  Menurut Undang-Undang tentang Lalu Lintas  jalan darat  Vietnam, semua  pengguna  sepeda motor  harus  punya  Surat  Izin Mengemudi. Menurut ketentuan  dari Undang-Undang  tersebut,  Surat Izin  Mengemudi  (SIM) hanya diberikan kepada  orang  yang berumur dari 18 tahun ke atas  dan punya cukup kesehatan. SMI untuk jangka waktu tak terbatas. Namun,  terhadap beberapa jenis sepeda motor dengan volume besar (lebih dari 175 CC), maka orang yang mendaftarkan SIM harus ada rekomendasi dari armada sepeda motor  tingkat provinsi atau kota.  Oleh karena itu, terhadap pertanyaan Anda,  orang-orang  yang   belum sampai 15 tahun, maka belum  mendapat  SIM  di Vietnam.           Saudara yang budiman! sampai bertemu lagi  dalam acara ini pada pekan nanti.  Semoga Anda dan keluarga sehat dan walafiaat.

Saudara berikutnya yang ingin kami ajak berbincang-bincang ialah  saudara  Lartri  Utomo di Yogyakarta. Dalam  komentar  tertanggal 30 September, Anda mengatakan: “Saya sangat  salut dengan masyarakat Vietnam, khususnya kecamatan Ayun Ha yang sangat  mendukung  program pemerintah bahkan warga tidak segan untuk memberikan sebagian lahan-nya untuk keperluan desa”. Saudara yang budiman!  sekarang  Vietnam sedang  menggelarkan  banyak  langkah melaksanakan  program pembangunan pedesaan baru untuk mendorong dan mengembangkan pertanian,  membangun infrastruktur  pedesaan dan menjamin  kehidupan material dan spiritual kaum tani secara berkesinambungan menurut pengarahan industrialisasi, modernisasi  dan keanekaragaman cabang  dan profesi.  Program ini  telah menyerap  perhatian dan dukungan yang positif dari  rakyat  di banyak daerah di Vietnam.  Saudara yang budiman! Pekerjaan menggelarkan program pembangunan pedesaan baru  akan dimutakhirkan dan disiarkan oleh VOV dalam acara: “Vietnam - Pedesaan baru” pada hari Jumat saban pekan.  Anda  secara permanen memantau siaran  dan mengirim surat kepada kami.

Pedesaan baru di Vietnam m
(Foto: ktdt.com.vn)
          Saudara terakhir yang ingin kami ajak omong-omong ialah saudara  M.Jayadi di Lombok.  Dalam surat tertanggal 5 Oktober,  Anda mengatakan: “Saya  berharap semua kru VOV tetap  dalam  keadaan sehat walafiaat, selalu ceria dan sukses dalam semua aktivitas-nya. Bersamaan ini, saya memberitahukan bahwa  kiriman surat dan paket  dari VOV sudah saya  terima dengan baik pada Rabu 3 Oktober”. Mudah-mudahan, Anda merasa puas  akan hadiah kami itu.  Kami  juga berterima kasih  kepada Anda  yang telah  memantau semua siaran  dan mengirim  surat, laporan hasil pemantauan siaran Radio kepada  VOV.  Dengan kedudukan sebagai Ketua  Kelub  MAPEM, Anda  telah secara permanen membantu VOV  lebih mendekati  para pendengar Indonesia. Semoga  Anda dan  keluarga Kelub MAPEM sehat  walafiaat.
          Saudara pendengar, kami berharap akan terus menerima surat dan laporan hasil pemantuan  siaran Radio dari Anda Sekalian. Untuk bisa  melihat  semua  siaran kami, Anda bisa melihatnya di Website VOV-5 dengan nama domain: www.vovworld.vn. ./.

Tidak ada komentar: