Sabtu, 20 Oktober 2012

Pengguna sepeda di Vietnam

06 Oktober 2012
(VOVworld) – Kami  sangat gembira  ketika bertemu kembali dengan Anda Sekalian dalam acara: “KOTAK SURAT ANDA”. Pada pekan ini, Radio Suara Vietnam (VOV)  telah menerima 171 surat dari 34  negara dan teritorial, khususnya  program siaran bahasa Indonesia  menerima 22 surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio yang terinci berserta penilaian-penilaian yang sangat bermanfaat  dari Anda Sekalian, diantaranya ada saudara-saudara Eddy Setiawan di Jakarta Timur, M.Sumantri di Jawa Barat. M.Zainal di Jambi, Minlin di Jawa  Barat, Airni Wantie Jawa Tengah, Dewi Arimbi di Jakarta  dan beberapa pendengar yang lain. Kami berterima kasih atas perhatian dan dungan  Anda Sekalian.  Dalam acara untuk hari ini, kami akan memperkenalkan sepintas lintas sepeda Vietnam. 

Para gadis  suka naik sepeda.
(Foto: vietbao.vn)

       Saudara M.Zainal yang budiman! Kami  sangat gembira ketika bertemu lagi dengan Anda pada acara untuk pekan ini. Pada 24 September  lalu, kami telah menerima  surat dan laporan hasil pemantauan siaran Radio dari  Anda. Dalam surat ini, selain memberi laporan  Anda juga bertanya: “Apakah  di Vietnam banyak pengguna  sepeda?”
Saudara yang budiman!  Sepeda dianggap sebagai  kendaraan   yang akrab lingkungan ekologi. Ia digunakan secara populer  di banyak negara yang mempunyai pendapatan  rendah seperti  di negara-negara Afrika,  Tiongkok, Vietnam dll…  seperti  satu kendaraan pokok sehari-hari.
          Dalam masa perang,  sepeda digunakan sebagai  satu kendaraan  pengangkutan barang yang penting dan memberikan banyak sumbangan pada perjuangan untuk merebut kemerdekaan Vietnam. Misalnya, dalam operasi Dien Bien Phu pada tahun 1954, penduduk  Vietnam  telah  mengubah sepeda  menjadi  sepeda beban- satu kendaraan  pengangkutan  penting untuk turut menciptakan kemenangan Dien Bien Phu yang  mengguncangkan bumi. Daya angkut tertinggi dari sepeda beban ialah 352 Kg sekali.  Setelah bertahun-tahun  pembebasan,  sepeda juga menjadi kendaraan  yang  berguna  dan digunakan secara luas.



Sepeda beban- satu kendaraan  pengangkutan  penting dalam operasi Dien Bien Phu pada tahun 1954.
(Foto: baoninhbinh.org.vn)

          Namun, dalam beberapa tahun belakangan ini,  bersama dengan perkembangan  yang melompat di bidang sosial-ekonomi Vietnam, jumlah pengguna sepeda di Vietnam sekarang sedang  semakin berkurang secara berangsur-angsur karena soal kebutuhan kebepergian yang lebih banyak dan waktu-nya sedikit. Sepeda sedang  diganti dengan sepeda motor dan mobil.  Saban tahun, Vietnam memproduksi kira-kira 1,25 juta sepeda, diantaranya  hanya ada 20% yang dipasarkan di dalam negeri dan sisanya  telah diekspor ke negara-negara yang lain. Sekarang, di Vietnam  sepeda   secara pada pokoknya digunakan di daerah pedesaan, terutama  para pelajar.



Pelajar  naik sepeda  pergi ke sekolah .
(Foto:yume.vn)

          Saudara M.Zainal yang budiman! Mudah-mudahan, Anda merasa puas akan  informasi-informasi tersebut.  Semoga Anda dan keluarga sehat walafiaat!
          Saudara berikutnya yang ingin kami ajak omong-omong ialah  saudara Alex Toberni. Saudara yang budiman!  Kami telah menerima  E-mail dari Anda  tertanggal 24 September, yang diantaranya mengatakan: “Dengan senang hati saya ingin memberitahukan jika pada siang hari ini saya  baru saja menerima kiriman DVD album, khusus pada tahun 2011,  beserta  vandel VOV. Saya mengucapkan  banyak terima kasih untuk hadiah tersebut. Saya sangat menghargai usaha VOV untuk memperkenalkan budaya Vietnam  kepada  pendengarnya melalui lagu-lagu yang ada dalam VOV tersebut”. Saudara yang budiman! Mudah-mudahan, Anda  menyukai hadiah VOV.  Dalam waktu lalu, kami juga telah menerima  banyak surat dan E-mail  dari  banyak pendengar di dunia. Mereka  semuanya sangat menyukai acara lagu-lagu VOV. Akses-lah  Website  dengan nama domain: www.vovworld.vn  untuk  mendengarkan  lagi lagu-lagu Vietnam.

CD lagu-lagu  yang bertema: Kerinduan dari penyanyi Anh Tho.
(Foto:internet)
          Saudara terakhir yang ingin kami ajak berbincang-bincang ialah saudara  Arifin Yusuf di Sulawesi. Saudara yang budiman! Dalam surat ini, Anda mengatakan: “Dulu saya mendengarkan Radio Suara Vietnam lewat radio gelombang pendek, setelah Radio Suara Vietnam mempunyai situs/website maka  saya beralih kelayanan  internet. Sangat jelas apa   yang disampaikan  oleh penyiar baik berita maupun  artikel lainnya”.  Saudara  yang budiman!   Sejak  VOV resmi meluncurkan Website  pada 16 January 2012 sampai sekarang,   kami telah menerima banyak surat dan E-mail yang mendukung dan menyambut  Website  kami. Banyak  pendengar alih-alih mendengarkan program siaran VOV  via pesawat Radio,  telah memantau program-program siaran via Website. Anda Sekalian bisa mendengarkanya secara online dan memantau  berita dan artikel  tentang situasi politik, budaya, sosial, negeri dan rakyat Vietnam. Sehubungan dengan ini, kami  juga beterima kasih  kepada saudara Arifin Yusuf pada khususnya dan  pendengar-pendengar  pada umumnya  telah  secara permanen memantau dan menginspirasi kami. Semoga Anda dan keluarga sehat walafiaat./.

Tidak ada komentar: