Sabtu, 13 Oktober 2012

Haruskah BBC Memulai Service Bahasa Korea?

The Independent – Ian Burrel: Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un memimpin sebuah negara dengan sangat sedikit kebebasan media dimana mengakses output dari organisasi berita asing merupakan kejahatan kriminal. Bi BBC World Service yang baru-baru ini direlokasi ke kantor baru dari Bush House terdapat pemikiran bahwa sesuatu perlu dilakukan terkait hal ini. broadcaster terbesar di dunia tersebut menyiarkan ke 188 juta orang dalam 27 bahasa – namun bahasa Korea tidak termasuk di dalamnya. ... Diantara broadcaster yang berbasis di Korea Selatan adalah Voice of America (VOA) yang dijalankan oleh pemerintah AS dan Radio Free Asia (RFA) yang didanai dengan dana bantuan dari Washington dan dipancarkan ke Korea Utara selama 5 jam sehari dari studio di Seoul. Karena alasan-alasan sejarah, AS masih melihat dengan curiga kepada Korea Utara dan BBC dengan reputasi internasionalnya yang tak tertandingi untuk ketidakberpihakannya memiliki peluang besar di sini. ... BBC memberitahu saya bahwa untuk saat ini tidak ada rencana membuka service bahasa Korea dan mengklaim “tidak jelas bahwa kami akan bisa mencapai sesuatu yang lebih dari pada proporsi populasi yang sangat kecil.” Namun dikatakan ada kemungkinan menyiarkan World Service ke audiens baru.
Meski  VOA dan RFA memiliki koresponden di Korea Selatan, service bahasa Korea mereka berbasis di Washington. VOA dan RFA didanai oleh pemerintah AS namun VOA bukan “dijalankan pemerintah” selama Broadcasting Board of Governors tetap memainkan perannya.
Reputasi internasional BBC yang tak tertandingi untuk ketidakberpihakannya merupakan komoditi yang tidak dikenal di Korea Utara kecuali mungkin di antara elite penguasa. Sementara radio gelombang pendek tersedia bagi elite penguasa tersebut, juga mereka yang mampu membeli radio gelombang pendek yang diselundupkan dari China. BBC World Service akan memerlukan akses ke relay gelombang menengah untuk mencapai audiens yang cukup besar di Korea Utara. Peluang menyewa relay semacam itu tersedia di Russia dan Korea Selatan.
(www.kimandrewelliot.com)•hind

Tidak ada komentar: