Senin, 13 Januari 2014

Ucapan selamat tahun baru 2014 dari Dirjen VOV, Nguyen Dang Tien kepada para pendengar




 (VOVworld) – Tahun 2013 baru saja berakhir, negara kami terus menempuh jalan integrasi. Vietnam telah meninggalkan satu selar penting dalam berbagai event domestik dan dengan sahabat-sahabat internasional. Situasi politik, ekonomi dunia mengalami banyak gejolak yang rumit dan sulit diduga. Pada latar belakang ekonomi masih mengalami banyak kesulitan, Vietnam telah berhasil melaksanakan target menstabilkan ekonomi makro, mengekang inflasi dan menjamin jaring pengaman sosial, mempertahankan keamanan pertahanan. Dengan semua solusi penyelenggaraan gigih yang dilakukan Pemerintah Vietnam, inflasi tahun 2013 berhasil dikekang pada taraf yang paling rendah selama 10 tahun ini (6,04%); pertumbuhan ekonomi mencapai 5,42%. Ekonomi akhir tahun sudah bersemarak kembali.
Dirjen VOV, Nguyen Dang Tien(Foto: vov)       
Tahun 2013 merupakan tahun sukses bagi Vietnam dalam menyerap modal investasi asing dengan angka USD 21,6 miliar, naik 54,5% terbanding dengan masa yang sama tahun lalu. Nilai ekspor tahun 2013 tetap merupakan titik cerah dengan total nilai sebanyak USD 132,2 miliar, naik 15,4% terbanding dengan tahun 2012. Jumlah valuta asing milik diaspora yang dipulangkan dari luar negeri mencapai USD 11 miliar.
Dengan melaksanakan garis politik hubungan luar negeri yang independen, mandiri, diperluaskan, dianeka-arahkan, dianeka- ragamkan dan integrasi internasional, pada 2013, aktivitas diplomatik Vietnam telah mencapai banyak prestasi yang penting, menciptakan lingkungan internasional yang kondusif bagi kerjasama, perkembangan, turut membela kedaulatan dan keutuhan wilayah. Vietnam menggalang  hubungan kemitraan strategis dan komprehensif dengan banyak negara maju di dunia, diantaranya ada lima negara anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Vietnam juga berusaha bersama dengan semua negara ASEAN yang lain membangun komunitas ASEAN, rumah bersama negara-negara Asia Tenggara. Vietnam terpilih menjadi Ketua Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional sekaligus menjadi anggota Komite Pusaka Dunia UNESCO. Hubungan politik-diplomatik yang baik dengan semua negara telah menciptakan syarat yang kondusif, menyatukan kira-kira 4 juta diaspora Vietnam di luar negeri untuk berkiblat ke Tanah Air.
Pada 2013, Radio Suara Vietnam terus menegaskan peranan dan posisinya dalam hati pemirsa, pendengar dan rakyat di dalam negeri, kemudian tersebar ke negara-negara di kawasan dan di dunia. Semua informasi disampaikan secara cepat, akurat, menyeluruh, beraneka-ragam dan kaya raya melalui berbagai bentuk multi-media yang terdiri dari: Radio, televisi,koran cetakan, koran elektronik Radio Suara Vietnam. Denyut kehidupan yang bergelora tentang negeri dan manusia Vietnam, panorama umum tentang semua segi kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya Vietnam termanifestasikan secara menyeluruh, mendalam dan hidup-hidup dalam berbagai program Radio Suara Vietnam. Banyak Website seperti: www.vovworld.vn , ww.vov.vn dan www.radiovietnam.vn merupakan alamat-alamat yang terpercaya bagi para pemirsa dan pendengar dalam dan luar negeri untuk mencaritahu dan memutakhirkan informasi resmi tentang negeri Vietnam. Para pemirsa dan pendengar bisa mendengarkan semua program siaran Radio Suara Vietnam, program siaran dari 63 provinsi dan kota di seluruh negeri dalam 11 bahasa asing, bahasa Vietnam dan 12 bahasa etnis minoritas. Di website-website Radio Suara Vietnam, para pemirsa dan pendengar bisa menonton televisi, membaca koran elektronik, sekaligus bisa mendengar ulang semua rubrik favorit dan mencari informasi yang bermanfaat. Memasuki tahun 2014, Radio Suara Vietnam akan terus memperbarui secara menyeluruh dan hidup-hidup keaneka-ragaman informasi, kualitas dan isi yang kaya raya, spesialis, bentuk manifestasi, instrumen penyiaran, wilayah penyiaran dengan harapan supaya suara Radio kami terbang lebih jauh dan lebih luas kepada sahabat-sahabat di kelima benua, menghangatkan hati para diaspora yang tinggal jauh dari kampung halaman.
Sehubungan dengan Tahun Baru 2014, atas nama seluruh kader, wartawan, redaktor, teknisi dan seniman-seniwati Radio Suara Vietnam, saya ingin menyampaikan ucapan selamat akan satu tahun yang sehat  walafiat, sejahtera dan bahagia kepada semua pemirsa, pendengar dan pembaca di luar negeri dan para diaspora Vietnam./.

Tidak ada komentar: