Rabu, 02 Januari 2013

Ucapan Selamat Tahun Baru Direktur CRI


Tahun Baru telah di ambang pintu. Menjelang tibanya tahun 2013, Direktur China Radio International (CRI) Wang Gengnian atas nama segenap staf menyampaikan ucapan selamat yang hangat dan tulus kepada para pendengar melalui radio dan internet. Wang Gengnian menyatakan, CRI akan terus berupaya mendorong pengertian dan persahabatan antara rakyat Tiongkok dengan rakyat dari berbagai negara, semoga persahabatan kekal abadi, semoga setiap pendengar dan setiap orang di dunia berbahagia di tahun 2013.
Belum lama berselang, CRI telah memberitakan Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok Ke-18. Kongres tersebut merupakan peristiwa besar dalam proses pembangunan modernisasi dan dalam kehidupan politik rakyat Tiongkok, sekaligus menunjukkan arah masa depan dan meningkatkan keyakinan pembangunan. Di dunia sekarang, keyakinan menjadi semakin berharga. Di bawah bayang gelap krisis moneter dan krisis utang, kita akan menyaksikan cahaya pemulihan ekonomi apabila kita memelihara keyakinan. Setelah terjadinya gempa bumi dahsyat, kita akan membangun kembali kampung halaman dari reruntuhan apabila kita memelihara keyakinan. Dalam pemikiran Perang Dingin dan pemikiran hegemoni yang terus membuat situasi semakin tegang, kita akan memelihara perdamaian masyarakat umat manusia apabila kita mempertahankan keyakinan. Tahun 2012 bukan hari kiamat, melainkan titik tolak untuk membuka hari depan karena kita memelihara keyakinan.
Menyampaikan keyakinan, mendorong kerja sama dan meningkatkan persahabatan merupakan asas tujuan pekerjaan CRI pada tahun 2012. CRI akan terus berupaya pada asas tujuan tersebut. Pada tahun 2012, upaya CRI terpusat pada peningkatan kemampuan pemberitaan internasional, mengubah gagasan penyiaran, mereformasi mekanisme pekerjaan, meningkatkan kesadaran media dan taraf pelayanan. Upaya CRI juga terlihat dalam mendorong perkembangan media CRI di luar negeri, menyelenggarakan media di depan "pintu rumah" pendengar, mendekati sahabat sekalian tidak saja dari aspek geografis, tetapi juga berupaya memenuhi permintaan para pendengar atas isi dan gaya program. Upaya CRI tercermin dalam mengembangkan media yang modern dan bervariasi, menyediakan layanan informasi yang berkualitas untuk para pendengar. Memang benar, upaya CRI juga tercermin pada peningkatan kualitas pada rincian program, tercermin pada pemahaman terhadap pendengar yang semakin profesional, tercermin pada jawaban dan balasan rincian atas setiap pernyataan dari pendengar.
Para sahabat sekalian, pertukaran meningkatkan pengertian, informasi menciptakan nilai. Di zaman sekarang, globalisasi memungkinkan terwujudnya "kampung dunia". Dunia menjadi kecil, namun dunia bukan bumi yang rata. Kesenjangan perkembangan antar negara dan daerah tetap besar. Kami yakin benar, perbedaan tidak seharusnya menjadi alasan bentrokan, namun konfrontasi mungkin terjadi sebagai akibat dari prasangka. Oleh karena itu, kami selalu antusias dalam usaha media internasional dan menyadari tanggung jawab yang berat. CRI bersedia berupaya terus untuk meningkatkan pengertian dan persahabatan antara rakyat Tiongkok dengan rakyat berbagai negara.
Semoga persahabatan ini abadi. Semoga setiap pendengar dan semua manusia berbahagia dan sejahtera dalam tahun 2013. Terima kasih!

Tidak ada komentar: