Rabu, 02 Januari 2013

Korea Utara Memperbarui Pemancar dan Kemampuan Jamming



(sumber: Daily NK)
Otoritas Korea Utara sedang dalam proses mengganti pemancar radio gelombang pendek mereka. Langkah itu nampaknya ditujukan guna memungkinkan siaran-siaran yang lebih baik yang ditargetkan ke Korea Selatan dan menghentikan masuknya siaran gelombang pendek dari luar.
Menurut Northeast Asian Broadcasting Institute (NABI), pihak otoritas memulai tindakan tersebut pada Maret tahun ini, (mereka) menggantikan peralatan pemancar gelombang pendek di stasiun pemancar Kanggye di provinsi Jagang dengan peralatan modern buatan Beijing BBEF Electronics Group Co. Stasiun pemancar Kanggye adalah salah satu dari tiga fasilitas pemancar gelombang pendek di Korea Utara, sementara dua lainnya berada di Pyongyang dan di kabupaten Gujang provinsi Pyongan Utara.
Korea Utara memiliki dua broadcaster gelombang pendek: Chosun Central 1st Broadcast dan Pyongyang Broadcast. Broadcaster pertama diperuntukkan bagi audiens domestik dan internasional sedang kan broadcaster kedua hanya melayani audiens internasional.
Terdapat dugaan bahwa Korea Utara menggantikan pemancar yang telah ada guna memperbaiki siaran mereka yang ditargetkan ke Korea Selatan. Dengan peralatan modern dari BBEF siaran mereka akan bisa diterima di manapun di Korea Selatan, tak peduli dari manapun siaran tersebut disiarkan.
Menurut NABI, sebelumnya kapasitas siaran gelombang pendek Korea Utara  sangat lemah karena peralatan yang usang dan rusak. Kekuatan signal lemah, pendengar cenderung menerima channel yang berbeda bahkan ketika memantau secara langsung frekuensi yang dimaksudkan.
Menurut seorang pembelot Korea Utara yang tiba di Korea Selatan pada Juni 2012, kekuatan signal Chosun Central 1st Broadcast sangat lemah bahkan tidak bisa didengar di sebagian besar wilayah Korea Utara.
Akan tetapi baru-baru ini kualitas signal bertambah baik secara dramatis, sebagaimana dijelaskan Park Sung Moon dari NABI kepada Daily NK, “analisa yang dilakukan terhadap Cosun Central 1st broadcast dan Pyongyang Broadcast memperlihatkan siaran-siaran mereka disiarkan dengan jelas dan konsisten tanpa interferensi atau pergeseran signal.
Tujuan lain perbaikan pemancar gelombang pendek tersebut adalah untuk menghentikan signal lain mencapai pendengar. Menurut seorang pembelot yang pernah menjadi bagian dari Departemen Agitasi dan Partai Propaganda, “mereka tahu jika signal Cosun Central 1st Broadcast lemah dan biasanya terdengar bercampur dengan siaran lain. Saya rasa mereka ingin menghentikan hal ini terjadi lagi.”
(sumber:www.swling.com/blog) •hind

Tidak ada komentar: