Rabu, 02 Januari 2013

Evaluasi pemerimaan surat -surat pendengar sepanjang tahun 2012

Tu Thuy
15 Desember 2012
(VOVworld) –Saudara –saudara   yang budiman! Hanya tinggal beberapa hari lagi, tahun 2012  berakhir, tahun baru- 2013 akan dimulai. Radio Suara Vietnam (VOV) pada umumnya dan kanal siaran luar negeri (VOV.5) pada khususnya telah selalu mendapat dukungan, kerjasama dan sumber dorongan dari sudara-saudara pendengar. Sehubungan dengan ini, kami menyatakan terima kasih yang tulus  atas  perasaan-perasaan  yang telah  saudara-saudara berikan kepada  VOV pada tahun 2012. Mudah-mudahan pada tahun baru 2013, VOV akan terus mendapat perhatian, dukungan dan bantuan  dari saudara-saudara.

Ilustrasi
(Foto: ictnews.vn)

Saudara-saudara yang budiman! pada  acara: “KOTAK SURAT ANDA” untuk hari ini, kami mengikhtisarkan  lagi  segi-segi pokok  tentang situasi surat  pendengar pada tahun 2012.  Pada tahun ini, VOV5 telah menerima kira-kira 8.500 surat dari berbagai negara dan teritorial. Khususnya siaran bahasa Indonesia Seksi ASEAN menerima 825 surat dan E-mail yang pada pokoknya datang dari Indonesia, naik kira-kira 40% terbanding dengan tahun 2011. Tidak hanya dalam hal jumlah surat  saja, melainkan isi-nya juga sangat kaya raya. Sebagian besar pendengar tidak hanya mengirim laporan hasil pemantauan siaran Radio yang terinci, melainkan juga  memberikan penilaian-penilaian tentang isi dan cara membaca kembali program siaran.

Khususnya, dari 1 Desember 2011, VOV telah meluncurkan Website dengan nama domain: www.vovoworld.vn atau www.vov5.vn  dalam 12 bahasa Inggeris, Perancis, Rusia, Mandarin, Jepang, Spanyol, Jerman, Indonesia, Laos, Khmer, Thailand dan Vietnam. Ini merupakan satu kanal  informasi yang bermanfaat  untuk membantu pendengar tidak hanya mendengarkan semua program siaran VOV di Radio, melainkan juga bisa membacakan semua acara VOV. Melalui  bagian umpan balik-nya, saudara Rudy Hartono di Kalbar menilai bahwa “dengan gembira, saya menyambut peluncuran secara sukses Website VOV. Saya berpendapat lahirnya  Website VOV sangat bermanfaat bagi para pendengar dan memenuhi kebutuhan membaca kembali informasi-informasi tentang Vietnam”.


Ada banyak surat tertulis dan dikirimkan melalui kotak pos VOV5 di No. 25 Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat.
(Foto: bisnis.vnmic.com)

Dengan membuka acara-acara baru dan lengkap, Website VOV telah membantu para pendengar mengerti lebih mendalam tentang segala yang sedang  berlangsung di kawasan. Saudara  Hazairin JUNEP di Yogyakarta mengatakan:  “Saya  menyukai acara: “Rumah ASEAN” dan sangat mengagumi ide acara  ini karena semua informasi  tambah banyak dan  hubungan antara para anggota ASEAN semakin erat dan akrab”.

Ada saudara yang telah memberikan perasaan yang mendalam kepada VOV. Saudara  Eran Van Bang di Belanda ketika mendengarkan program lagu-lagu di Website telah mengatakan: “Ketika mendengarkan kembali lagu-lagu masa dulu, hal ini membuat saya mengenanglkan  lagi  kesan-kesan baik yang telah saya alami di negara Anda seperti “ Wahei Quang Binh, kampung halamanku”, “Satu perasaan  orang Ha Tinh”. Bagus sekali.  Jika bisa, VOV menyiarkan lagu: Buruh kehutanan”.

Dengan kedinamisan dan kesensitifannya, semua acara VOV.5  pada umumnya dan  siaran bahasa Indonesia Seksi ASEAN pada khususnya telah memberikan informasi secara tepat waktu dan aktif memperkenalkan kepada pendengar semua perkembangan dalam kehidupan  masyarakat Vietnam di segala bidang. Saudara Rudy Hartono di Kalimantan Barat mengatakan: “Saya secara hormat menyampaikan ucapan selamat kepada Vietnam karena telah merebut hak menyelenggarakan ASIAD ke-18 pada tahun 2019. Mudah-mudahan, Vietnam akan mencapai banyak prestasi  pada ASIAD ini”. Atau saudara Latri Utomo mengatakan: “Terimakasih VOV.5 menampilkan gambar-gambar kegiatan upacara  HUT RI ke-67, saya  jadi tahu  ternyata  warga negara  Indonesia  di Vietnam  banyak juga”.


Ilustrasi
(Foto: internet)

Tidak hanya memberikan penilaian tentang kualitas gelombang, banyak  pendengar telah memberikan penilaian bagus tentang acara-acara VOV. Saudara Minlin di  Jawa Barat) mengatakan: “Saya  membaca acara Berwisata  ke Vietnam dan menurut saya, semua obyek wisata  dan cagar sejarah di Vietnam indah  begitu. Tentunya, banyak orang ingin berwisata ke Vietnam. Saya juga berharap ada  kesempatan datang ke Vietnam”.

Saudara –saudara yang budiman! dengan perasaan  yang tulus, tercinta dan bangga, tidak sedikit pendengar telah menganggap Hari-hari raya, tonggak  bersejarah yang patut dikenal dari rakyat Vietnam seperti hari bangsanya sendiri. “Sebagai pecinta Vietnam, saya mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Vietnam yang ke-67. RI dan Vietnam  adalah dua bangsa  pejuang  yag sangat gigih dalam merebut  kemerdekaan dari penjajah dan agresor asing. Dua bangsa  bersaudaraan  itu kni bersatu dalam ASEAN dan kita  saling  belajar, bersama dalam  membangun bangsa dan kawasan kita agar  semakin maju, damai dan sejahtera”. Begitu-lah  penialaian Saudara Hazairin JUNEP di Yogyakarta – yang dua kali sudah  berkunjung di Vietnam pada tahun 2012 dan alamat yang tidak bisa dia lepaskan ialah VOV.

Saudara-saudara yang budiman! Bisa dikatakan, justru perasaan dan keberbagian pendapat saudara-saudara telah  turut membuat acara: “KOTAK SURAT ANDA” dari VOV semakin  kaya raya dan atraktif. Sumbangan-sumbangan pendapat saudara terhadap VOV pada umumnya dan program siaran bahasa Indonesia Seksi ASEAN pada khususnya  telah dinilai dan dicatat oleh VOV dengan hadiah-hadiah yang bernilai dan surat sertifikat pemantauan VOV khusus yang diberikan kepada  pendengar-pendengar  yang lama dari VOV seperti saudara Beno Lesmana, Eddy Setiawan, M.Jayadi D, Minlin, Setyo Budiono, Aloysius H.M dll.. Kami berharap supaya Saudara-saudara akan terus seperjalanan dengan kami  dalam perkembangan VOV pada umumnya dan demi kemajuan siaran bahasa Indonesia  pada khususnya. VOV sekali lagi berterima kasih kepada Saudara –saudara dan berharap supaya pada tahun 2013 mendatang, siaran bahasa Indonesia Seksi ASEAN, VOV.5 akan terus menerima dukungan, kerjasama dan perasaan yang tercinta dari saudara-saudara.

Sehubungan dengan Tahun Baru-2013,  semoga saudara-saudara dan  keluarga  selalu  sehat walafiaat, berbahagia dan mencapai  banyak sukses./.

Tidak ada komentar: