Minggu, 28 April 2013

Stasiun Relay BBC Siprus Ditutup


Allen,menulis:
Stasiun relay BBC Siprus ditutup setelah 50 tahun beroperasi. BBC menggunakan stasiun tersebut untuk menyiarkan siaran radio dalam bahasa Arab ke dunia Arab melalui gelombang pendek. BBC akan tetap menyediakan biaya untuk membuat siaran radio dalam bahasa Arab di London, namun akan hanya tersedia bagi pendengar jika pemerintah negara-negara Arab mengizinkannya, karena channel radio tersebut hanya akan tersedia secara online atau dimana pemerintah mengizinkan BBC memiliki izin siaran melalui gelombang FM.
Jika semua rezim Arab benar-benar cukup demokratis untuk mempunyai media yang bebas dan mengizinkan BBC untuk mengudara, apa pentingnya siaran bahasa Arab BBC? namun apakah  kita  yakin bahwa semua dunia Arab bebas dan demokratis?
Penutupan itu juga merupakan pukulan lain bagi siaran BBC dalam bahasa Inggris (English World Service). Pendengar World Service kehilangan siaran di gelombang menengah ke Eropa di 648 dua tahun lalu. Penutupan stasiun relay Siprus berarti siaran World Service English di gelombang menengah ke Israel dan negara-negara di sekitarnya juga berakhir.
Untuk sementara, siaran bahasa Arab ke sebagian kecil kawasan Mediterania Timur akan berlanjut dari bagian lain Siprus – berupa siaran bahasa Inggirs selama dua jam pada siang hari dan dua jam pada tengah malam di 720kHz.
Stasiun relay Siprus diambil alih oleh BBC akibat dampak Krisis Suez.
Penutupan  itu merupakan bagian dari srategi World Service untuk beralih dari gelombang pendek dan radio ke saluran televisi.
Peter Horrocks (direktur BBC Global News) telah mengalihkan anggaran tahunan BBC World Service sebesar 200 juta pound annual World Service untuk membuat program televisi yang dipancarkan secara gratis ke stasiun lokal di Afrika dan India. Kelemahan dari langkah tersebut BBC tidak bisa men jamin program-program tersebut akan mengalami penyensoran lokal.
Bagi siaran BBC bahasa Inggris selama enam jam perhari nampaknya akan terjamin untuk 10 tahun kedepan, sebagaimana masa kontrak BBC dengan perusahaan transmisi Babcock.
(sumber:swling.blog) (هند)

Tidak ada komentar: