Minggu, 28 April 2013

Mengembangkan peranan penyiaran radio dalam kehidupan


(VOVworld) – Sebelum teknologi multi-media berkembang, Radio merupakan instrumen yang paling efektif untuk menyampaikan informasi-informasi harian kepada semua orang. Pada masa kini, ketika teknologi berkembang, banyak ragam komunikasi telah lahir, radio tetap memainkan peranan tertentu dalam kebutuhan mengetahui informasi rakyat.


Pemancar gelombang radio
(Foto: nienlich.vn)

Lahir pada 1945, dengan peranan sebagai organ pemberitaan yang penting dari Partai Koomunis dan Negara Vietnam, Radio Suara Vietnam (VOV) merupakan instrumen yang menyampaikan semua fikiran dan keinginan rakyat kepada Partai Komunis dan Negara. Pada tahun-tahun perang perlawanan, pesawat radio dan sistim radio di basis telah memberikan sumbangan yang tidak kecil untuk mendorong semangat juang dari tentara dan rakyat Vietnam. Dari berbagai pengeras suara dan pesawat radio ini, berita tentang kemenangan pada musim Semi 1975 telah disiarkan ke mana-mana. Bersamaan dengan perkembangan Tanah Air, dewasa ini, VOV adalah kantor pemberitaan satu-satunya yang menghimpun cukup 4 ragam komunikasi yaitu: Radio, televisi, koran cetakan dan koran elektronik. Gelombang siaran VOV telah hadir di 99,5% wilayah Vietnam dan hampir semua wilayah laut Vietnam di Laut Timur, dengan total durasi penyiaran lebih dari 200 jam per hari. 


Gedung Pusat Penyiaran Radio Suara Vietnam
(Foto: vov.vn)

Deputi Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Thanh Son mengatakan: “VOV dengan katakata “Inilah Radio Suara Vietnam yang disiarkan langsung dari Hanoi, ibukota Republik Sosialis Vietnam” merupakan kebanggaan dan tekad dari Partai Komunis dan Pemerintah Vietnam. VOV adalah suara kampung halaman dan Tanah Air. Ini merupakan kantor komunikasi negara yang resmi, adalah satu kantor yang punya sejarah yang tebal dan tradisi yang sangat heroik. Partai, Negara dan Pemerintah Vietnam menginginkan agar gelombang siaran VOV tidak hanya melanda semua wilayah di dalam negeri saja, tapi juga menuju ke 5 benua di dunia”.

Khususnya sejak program peliputan gelombang di Laut Timur tahap 1 yang digelarkan VOV, para nelayan sangat gembira. Ini juga merupakan program yang mendapat penilaian tinggi dari Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung karena hasil guna komunikasinya yang mendalam dan luas, bisa membantu kira-kira 1 juta nelayan Vietnam mengetahui informasi multi-arah tentang haluan dan garis politik Partai dan Negara; serta memperkuat kemampuan menghindari taufan, melakukan pertolongan korban di laut.


Ruang studio VOV
(Foto: vov.vn)

Pimpinan Partai, Negara dan Pemerintah Vietnam selalu menegaskan komunitas orang Vietnam di luar negeri sebagai satu bagian yang tak terpisahkan dari Vietnam. Tidak hanya merupakan satu kanal informasi yang efektif di dalam negeri saja, radio juga mengembangkan peranan sebagai jembatan penghubung antara Vietnam dengan orang Vietnam yang hidup jauh dari kampung halaman. Program siaran untuk warga Vietnam yang hidup jauh dari kampung halaman dari Kanal Siaran Luar Negeri (VOV5), bagaikan sahabat yang akrab bagi mereka, dengan penyiaran menjangkau kira-kira 70 negara dan teritorial di dunia. 

Le Van Duyen, 84 tahun, seorang diaspora Vietnam yang tinggal di kota San Jose, negara bagian California, Amerika Serikat memberitahukan: “Saya selalu memantau informasi tentang Vietnam melalui Radio. Saya bersama anak-anak saya ingin mendengar semua informasi dan memantau kehidupan, politik, kebudyaaan dan kesenian.Setiap malam saya bersama istri selalu menunggu-nunggu untuk mendengar lagu-lagu nasional yang disiarkan VOV. Jika ada yang belum tahu, VOV-lah yang memberikan informasi itu kepada saya”.

Melalui gelombang siaran VOV, semua citra-citra tentang satu negara Vietnam yang indah, rakyat Vietnam yang baik dan akrab bisa sampai pada sahabat-sahabat internasional. VOV5 telah menjadi santapan rokhani yang tak bisa kurang bagi para pendengar asing. Sekarang, semua isi program VOV5 juga dimuat di website pada nama domain www.vovworld.vn yang tambah membantu pendengar asing bisa mendekati informasi Vietnam. Dengan perasaan yang diberikan kepada semua program siaran VOV, para pendengar telah membentuk kelub pendengar VOV5. 


VOV semakin berkembang dari hari ke hari
(Foto: vov.vn)

Seorang pendengar Indonesia memberitahukan: “Beritanya lebih original, bukan satu rekayasa, apa adanya disiarkan dan itulah yang saya senangi. Saya begitu juga berita mengenai budaya, mengenai pariwisata, dll orang Indonesia juga senang sekali. Kehidupan orang Vietnam juga sangat menarik. Itu jujur sekali sebetulnya”.

Semua lagu, kartu pos serta dorongan semangat yang disampaikan para pendengar asing justru merupakan kegembiraan bagi para wartawan, redaktor VOV5 pada khususnya dan VOV pada umumnya untuk tambah dorongan semangat untuk melayani para pendengar asing, bagaikan kata terima kasih kepada sahabat-sahabat yang lama.

Sekarang, semua ragam multi media sedang tidak henti-hentinya berkembang secara kuat. Ragam radio juga mengalami tidak sedikit persaingan. Akan tetapi, dengan semua keunggulan dalam menyampaikan informasi, investasi dananya tidak terlalu banyak, radio tetap merupakan satu kanal informasi yang bermanfaat bagi kebutuhan semua orang Vietnam dan sahabat internasional./.

Tidak ada komentar: