Minggu, 28 April 2013

Perpustakaan Nasional Vietnam


 (VOVworld) -  Kami dengan gembira bertemu kembali dengan saudara - saudara pada acara Kotak Surat Anda untuk pekan ini. Pada pekan ini, VOV5 telah menerima 185 surat, diantaranya ada 28 surat dan Email kepada kami oleh saudara- saudara: M Sumantri di Jawa Barat, Eddy Setiawan di Jakatra Timur, M. Jayadi D di Lombok, M Zainal di Jambi …dan beberapa pendengar yang lain. Kami berterimakasih karena Anda telah selalu mencintai dan mengirim surat kepada kami. Pada acara Kotak Surat And auntuk pekan ini, kami menyediakan waktuuntuk memperkenalkan kepada saudara-saudara tentang Perpustakaan Nasional Vietnam menurut permintaan dari saudara Eddy Setiawan di Jakarta Timur.


Gedung perpustakaan Nasional di jalan Trang Thi, No 31.
                                (Foto: www.36phophuong.vn ).
                                           
Saudara Eddy Setiawan dan para pendengar yang budiman! Sekarang di Vietnam  sudah terbentuk jaringan perpustakaan  di semua daerah untuk memenuhi kebutuhan belajar dan melakukan peneluitian dari rakyat, diantaranya ada perpustakaan  di Universitas, Akademi, lemari buku publik, perpustakaan dalam angkatan bersenjata, perpustakaan spesialis dan perpustakaan di sekolah umum. Tergolong jaringan perpustakaan itu ada Perpustakaan Nasional Vietnam yang terletak di jalan Trang Thi, No 31, kabupaten kota Hoan Kiem,  kota Hanoi yang merupakan perpustakaan terbesar di seluruh negeri. Perpustakana ini dipimpin langsung oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam.


Ruang  bebas untuk pilih buku.
(Foto: taysonbinhdinh.blogspot.com )

Perpustakaan Nasional Vietnam didirikan  dan dibuka pada 1 September 1919 dengan namanya yalah Perpustakaan Sentral Indocina atau disebut Perpustakaan Sentral. Mengalami pasang surut-nya sejarah, pada 21 November 1958, Perpustakaan itu  resmi disebut Perpustakaan Nasional Vietnam menurut keputusan  yang diumumkan oleh Menteri Kebudayaan Vietnam. Saban tahun, Perpustakaan Nasional mengleuarkan lebih dari 30.000 kartu pembaca, melayani kira-kira 2.000 pembaca setempat setiap hari dan lebih dari 2.500 pembaca yang mengakes pada  website Perpustakaan Nasional Vietnam.


Ilustrasi.
(Foto: www.quantrimang.com.vn)

Sebagai perpustakaan sentral di seluruh negeri, maka Perpustakaan Nasional Vietnam merupakan tempat yang menerima semua karya, naskah desertasi doktor dari warga Vietnam di dalam negeri maupun di luar negeri dan warga asing yang mempresentasikan desertasinya di Vietnam, menambahkan dokumen kebudayaan asing,  mengkonservasikan khazanah penerbitan  negara dan semua cetakan tentang  informasi, sains, menyelenggarakan jasa membaca untuk memenuhi kebutuhan study dan hiburan rakyat.


Orang lansia  membaca buku di Perpustakaan Nasional.
(Foto: internet).
Dengan arsitektur indah, ruang hijau, segar dengan puluhan pohon yang usianya lebih dari 100 tahun, sistem ruang baca  modern dan jumlah dokumen, koran mencapai 1,5 juta lembaran, maka Perpustakaan Nasional Vietnam telah menjadi alamat budaya  yang ramah terhadap banyak pembaca di dalam dan luar negeri. Luong Son, seorang pembaca lama dan beken terhadap Perpustakaan Nasional Vietnam mengatakan: “Buku dan koran di Perpustakaan Nasional Vietnam  sangat beranekaragam, tetapi  yang saya paling sukai yalah buku dan koran tentang kebudayaan dan kesenian, karena  di sana saya bisa menemukan  hal-hal yang saya sukai. Semua raung baca sangat besar dan luas, udara segar, jasa layanan pembaca sangat cermat”.


“Hari pesta membaca buku” di Perpustakaan Nasional Vietnam.
(Foto: chungta.vn )
Tidak hanya mempunyai fungsi  laksana satu perpustakaan biasa saja, Perpustakaan Nasional Vietnam juga menyelenggarakan pameran-pameran buku untuk memperkenalkan dan menguptdate  cetakan-cetakan terbaru dan terenak dibaca di dalam dan luar negeri. “ Hari pesta membaca buku” merupakan nama satu program yang telah digelarkan dan dipertahankan selama 6 tahun ini di Perpustakaan Nasional Vietnam.“Hari pesta membaca buku” di Perpustakaan Nasional menimbulkan kesan yang benar-benar mendalam, menjadi satu aktivitas contohan, memberikan sumbangan aktif  dalam mendorong gerakan membaca buku di kalangan masyarakat. Khususnya, dalam kerangka pesta itu, Perpustakaan Nasional Vietnam juga menjadi simbul yang menerima dan berbagi sumber bantuan buku dan peralatan yang diberikan oleh semua organisasi dan perseorangan  kepada daerah - daerah pedalaman dan daerah pelosok.
Para pendengar, kami percaya bahwa penjelasan singkat tentang Perpustakaan Nasional Vietnam  di atas  memuskan Anda Sekalian.
Para pendengar, kami berharap terus menerima jawaban kuiz bulan Maret yang dicanangkan siaran bahasa Indonesia- VOV5. /.

Tidak ada komentar: