Sabtu, 28 Januari 2012

Review World Radio TV Handbook 2012

Judul: WORLD RADIO TV HANDBOOK
Edisi: 2012
Penerbit: Nicholas Hardyman
Editor: Sean Gilbert (International), Bernd Trutenau (Television), Mauno Ritola (A Schedule & Web Updates), John Nelson (Technical), George Jacobs, Bengt Ericson, Dave Kenny, Mauno Ritola, Bernd Trutenau, Torgeir Woxen (Contributing)
Copywright: WRTH Publications Limited 2011
Halaman: 672 + 4 cover
Harga: US$29.95
Mengawali editorial WRTH 2012, Hardyman menyampaikan kekecewaannya atas kepergian Hendrik Hargatai yang telah sekian lama menyajikan informasi tentang Hongaria, namun bergembira menyambut Istvan Hegedus, penggantinya. Selanjutnya ia menyampaikan penghargaan kepada George Jacobs, Kepala Contributing Editors, yang dalam edisi WRTH yang ke 66 ini menulis artikelnya yang ke 50, dan tetap mengharapkan analisanya di tahun-tahun mendatang.
Sosok kontributor yang ditampilkan dalam edisi ini adalah Tore B Vik yang berkebangsaan Norwegia, yang mulai menguping siaran radio sejak usia 14 tahun. Tahun 2003 Tore diminta bergabung dengan tim co-editors WRTH, dan sekarang bertugas sebagai kontributor resmi WRTH untuk Argentina, Bolivia, Brazil, Chile, French Guiana, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, dan Uruguay.
Receiver Review menampilkan Alinco DX-R8E, Pappradio, Reuter Elektronic RDR54C, WinRadio Excalibur Pro, Sangean ATS-909X, dan Tecsun PL-660.
Receiver Test Table (HF Receiver Guide 2012) mendata 15 buah ukuran hand-held & travel portable (termurah USD45 – Kchibo KK-D6110 – sampai termahal USD600 – AOR AR8200 MkIII), dan PC radio, SDR, untuk serius sw & semi-pro sebanyak 25 buah (termurah USD100 – Pappradio – sampai termahal USD13′450 – Icom IC-R9500).
Tetap up to date dengan situasi global, WRTH 2012 menampilkan tulisan “Radio & the ‘Arab Spring’”, tentang Libyan Rebel Radio yang muncul 20 tahun kemudian setelah Operasi Gurun Pasir.
Entah kebetulan saja, tetapi ada juga tulisan tentang Radio Bulgaria, yang menurut informasi terakhir di milis dxld, (mau) cabut juga dari shortwave.
Halaman-halaman yang sudah pakem WRTH, National Radio, International Radio (dua-duanya dari Afghanistan sampai Zimbabwe), termasuk siaran-siaran Clandestine (bermotif politik) dan siaran-siaran non-Pemerintah atau organisasi Pemerintah dengan sasaran wilayah atau konflik lokal, Daftar Frekuensi, Terrestrial Television, dan Referensi.
Di halaman Referensi, kolom Clubs for DXers & International Listeners, syukurlah ada berita bagus bagi para penguping radio di Nusantara tercinta. Satu klub lagi terdaftar di bawah bendera Indonesia – Borneo Listeners Club, menambah deretan klub-klub lain yang sudah lebih dulu terdaftar: Indonesian DX Club (IDXC), MAPEM Club, dan Media Monitoring Club.
Sebagai penutup, mungkin ada juga gunanya saya informasikan bahwa catatan harga WRTH 2012 di atas adalah sesuai dengan label yang masih menempel di cover halaman 2, $29.95. [Reviewer : ashar]
CD-label-B11Selain dalam bentuk cetakan (buku), WRTH juga menerbitkan Bargraph WRTH dalam bentuk CD. Cakupan isinya tidak jauh berbeda dengan WRTH versi cetak, walaupun beberapa bagian WRTH cetak itu tidak dimuat secara komplit.
Panduan Frekuensi WRTH Bargraph dirancang dan disusun dengan teliti dan hati-hati guna memberikan informasi maksimum dengan jelas dan dibuat dengan format yang mudah yaitu dalam bentuk pdf.
Frekuensi siaran dalam kHz, nama stasiun, kode site pemancar atau transmisi siaran internasional dan kode negara untuk transmisi dalam negeri, kekuatan pemancar dalam kW, waktu dan durasi masing-masing siaran dalam UTC selama 24 jam, bahasa siaran ditunjukkan dengan bar warna. Delapan belas bahasa diidentifikasi dengan bar warna berbeda. Bar dilengkapi dengan keterangan atau informasi mengenai area target atau tujuan siaran.
Dengan penyajian dalam format ini akan memudahkan pengguna dalam mencari frekuensi, stasiun maupun site. Tinggal memanfaatkan fungsi “Cari” pada Adobe Acrobat.
Disk juga memuat daftar singkatan yang digunakan dalam bargraph dilengkapi tabel decode untuk situs pemancar internasional dan tabel geografis negara atau wilayah. CD ini sangat bermanfaat terutama bagi industri profesional, hobi DX, SWL dan BCL.

Tidak ada komentar: