Senin, 04 November 2013

SILATURAHMI PENDENGAR KALIMANTAN BARAT Di Pemangkat, Kalbar – Minggu, 3 November 2013



A.      Pendahuluan

Silaturahmi Pendengar ini digagas pada saat para pendengar Kalbar bertemu di Kediaman Imam Farihin, salah satu pendengar di Pontianak pada tanggal 18 Agustus 2013. Pada tahun sebelumnya juga telah diadakan di rumah  Siz Iskandar salah satu pendengar yaitu di Pontianak tanggal 28 Oktober 2012. Pada pertemuan kali ini adalah pertemuan yang ketiga diadakan di Kota Pemangkat  tepatnya di rumah kami, markas Borneo Listeners Club. Persiapan pun telah kami lakukan sebelum jauh hari pelaksanaan dimana untuk memeriahkan agenda acara tentunya kami mengajukan permohonan souvenir kepada beberapa stasiun radio. Syukur Alhamdulillah China Radio International sangat merespon positif dengan memberikan souvenir terbanyak dan kami menganggap kali ini CRI merupakan sponsor utama acara ini. Selain itu juga terdapat stasiun radio yang merespon dengan baik sekali yaitu Radio Australia ( Bpk Denny ), Voice Of Vietnam ( Ibu Thuy dan Melisa ) , dan NHK World ( Bang Ranee ), Dengan semangat silaturahmi kami pun mempersiapkan segala sesuatunya dimulai undangan langsung maupun di media social facebook, akomodasi, konsumsi dan souvenir dari radio, salah satunya CRI untuk memeriahkan acara ini berlangsung.

B.      Acara Silaturahmi

Persiapan acara sudah dimatangkan, kami panitia kecil bersiap menunggu tamu yang datang sehingga akhirnya tamu dari Pontianak telah tiba jam 12.10 WIB sementara disusul dengan tamu pendengar dari Pemangkat dan sekitarnya sekitar jam 12.30 WIB. Acara pun siap dimulai. Karena telah jam 12.30 WIB maka semua tamu dipersilahkan menyantap hidangan yang telah kami siapkan mulai makanan ringan hingga berat hehehe…. Sebagian tamu juga mengadakan sholat berjamaah dulu dikarenakan waktu sholat zhuhur telah tiba.  Di sela acara santap siang kami pun memutarkan DVD hasil Temu Keluarga Pendengar ke 3 di Kota Wonosobo Jawa Tengah yang disaksikan oleh peserta silaturahmi.

Acara kali ini bertemakan “The power of spirit for listeners” dengan maksud uraian tema bahwa  apabila kita memulai untuk membangun sebuah kekuatan semangat bagi pendengar, maka keinginan untuk mendengarkan radio kembali pasti akan terwujud. Kami juga berharap kepada simpatisan yang diundang tertarik untuk mengetahui dunia luar melalui radio.

Acara pun kami mulai pada pukul 13.00 WIB dengan isi dan susunan acara :
-          Kata sambutan dari tuan rumah sekaligus ketua panitia kecil, Rudi Hartono
-          Kata sambutan dari seluruh peserta yang hadir untuk memberikan kesannya dalam mendengar radio, kesan terhadap acara ini, pengalamannya selama menjadi pendengar dan radio apa saja yang mereka gemari.
-          Acara pembagian doorprize dengan cara diundi yang telah disediakan oleh sponsor utama CRI, dan diikuti souvenir dari stasiun lainnya seperti RASI, VOV dan NHK yang merupakan souvenir hiburan. Hadiah radio digital CRI diberikan kepada peserta yang beruntung yaitu Bpk Imam Farihin
-          Kami juga membagikan bulletin terbaru BLC  Mediator edisi Nopember – Desember 2013
-          Acara dilanjutkan dengan penutup yaitu pembacaan doa
-          Kata penutup  dari tuan rumah sekaligus ketua panitia kecil, Rudi Hartono
-          Setelah acara selesai, sebagai ungkapan terima kasih terhadap CRI maka kami sempatkan untuk mewawancarai beberapa peserta yang merupakan pendengar setia radio luar negeri yang mengungkapkan gemar mendengar radio, apa yang dia ketahui tentang China dan pandanganya terhadap kemajuan China saat ini serta saran terhadap siaran CRI tentunya
-          Setelah wawancara selesai, kamipun berangkat ke tempat wisata di Kota Singkawang. Dalam perjalanan ke Kota Singkawang peserta berkeliling kota berburu makanan khas Kota Singkawang hingga ke produsen Tahu Singkawang yang terkenal itu. Dan pada akhirnya perjalanan kami telah menuju senja dan hampir malam hari sehingga tidak bisa melanjutkan ke tempat wisata Tanjung Bajau Singkawang.
-          Kami berpisah dan bersalam-salaman di Taman Dangau Kota Singkawang dengan sebuah harapan semoga kami dipertemukan kembali pada masa mendatang

C.      Penutup

Acara silaturahmi pendengar kali ini dihadiri sebanyak 20 orang, sementara pendengar lainnya berhalangan hadir  dikarenakan banyak acara di sekitar rumah pendengar yang tidak dapat ditinggalkan bahkan ada sebagian peserta yang pulang sebelum acara selesai. Kami panitia memaklumi ketidakhadiran pendengar dan kami juga telah menitipkan souvenir yang tersisa kepada pendengar yang berhalangan hadir dengan harapan di masa mendatang dapat hadir kembali.

Adapun hal-hal yang diungkapkan selain pengalaman para pendengar dapat kami rangkum sebagai berikut :
1.       Acara silaturahmi pendengar ini diharapkan dilakukan setiap tahunnya karena dengan acara seperti ini sudah dirasakan pendengar untuk membangkitkan semangat gemar mendengar radio dan terasa kembali ke era 1980 an.
2.       Pengalaman pendengar banyak lucu-lucu : ada yang demi mendapatkan radio sampai menjual hasil panen padi sebanyak 2 karung ( sekitar 50 Kg padi di era 1980 an ), ada juga untuk mendengar radio sampai pergi ke rumah tetangga da ada juga yang sampai pinjam sewa radio keluarga. Semua itu adalah pengorbanan dalam memberikan laporan kepada stasiun radio supaya ditanggapi dan eksis di dunia DX radio
3.       Peserta juga berharap penyiar stasiun radio untuk mengadakan pertemuan pendengar jangan hanya di kota-kota besar saja di Pulau Jawa namun sesekali di daerah Kalimantan Barat.
4.       Radio SW yang saat ini sudah banyak ditinggalkan di Negara Amerika, Eropa dan Australia, peserta berharap di daerah Asia tetap mempertahankan penyiaran ke Asia sebagai corong informasi alternative dan  sebagai tanda bahwa Asia merupakan kekuatan informasi dan ekonomi dunia terutama China, Vietnam dan Jepang
Demikian serangkaian isi acara silaturahmi pendengar yang kami informasikan kepada CRI sebagai sponsor utama kali ini dan kami berharap di masa mendatang CRI dapat memberikan konstribusi terhadap acara pendengar dimana acara ini sangat memberikan sisi positif dalam menjalin hubungan antara pendengar dengan stasiun radio. Dengan ini kami ucapkan ribuan terima kasih terhadap Mr Li Shukun dan CRI, Bpk Denny dari RASI, Ibu Thuy dari VOV dan Bang Ranee dari NHK World. sampai jumpa di lain kesempatan…..
Salam hangat,

Rudi Hartono ( Ketua Borneo Listeners Club – Kalimantan Barat )

Tidak ada komentar: