Sabtu, 02 November 2013

Programa NHK 2 - 10 November 2013


photophoto

Lagu Mari Menyanyi untuk bulan November adalah Hikoki-gumo (Jejak Asap Pesawat) dari penyanyi Yumi Arai. Penyiar siaran bahasa Bengali, Sharmin Siddique akan belajar menyanyikan lagu ini di bawah bimbingan musisi Emi Ogawa.

Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 30: Saya Pikir Ini Ide Menarik (Ulangan)

Kuon mendapat ide untuk promosi produk kulkas buatan perusahaannya. Iapun mengajukan proposal kepada atasannya.
3 November
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
4 November
(Senin)
Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 31: Saya Akan Coba Mengerjakannya Lagi

photo

Kuon telah menyiapkan sebuah proposal. Sebelum dibahas dalam rapat, atasannya memberikan sejumlah masukan.

Nippon Q&A: Mobil Hibrida di Jepang
Kami akan menanggapi pertanyaan seorang pendengar di Jerman yang ingin tahu seperti apa perkembangan mobil hibrida di Jepang saat ini.
5 November
(Selasa)
Fokus Radio Jepang: Upaya Perusahaan-Perusahaan di Jepang untuk Menjaga Kesehatan Karyawannya

Meningkatnya biaya pengobatan dan asuransi kesehatan di Jepang sangat berdampak besar pada kondisi keuangan perusahaan-perusahaan. Di tengah kondisi ini semakin banyak perusahaan yang berinvestasi pada usaha menjaga kesehatan karyawannya. Satu perusahaan produsen kimia memulai sebuah kampanye yang mengajak karyawannya untuk saling bersaing mengumpulkan waktu berolahraga setiap hari dan akan mendapatkan hadiah. Kami akan ulas seperti apa upaya perusahaan-perusahaan di Jepang untuk menjaga kesehatan karyawannya.

Sastra Jepang: Lilin Merah dan Putri Duyung - Bagian 4
photo

Seorang pedagang keliling mendengar kabar tentang gadis putri duyung itu. Ia meminta si kakek dan nenek untuk menjual gadis itu padanya. Mereka jadi bimbang ketika ditawari uang dalam jumlah besar. Inilah bagian ke empat dari lima rangkaian cerita karya penulis cerita anak Jepang Mimei Ogawa.
6 November
(Rabu)
Fokus Radio Jepang: Para Atlet Lanjut Usia Jepang Yang Mencetak Rekor Dunia

photo
Mitsu Morita, 90 tahun, yang mencetak rekor dunia baru

Pada bulan Oktober lalu, Jepang menggelar turnamen atletik yang diikuti oleh para warga lanjut usia. Mereka antara lain bertanding di cabang lari jarak dekat dan loncat jauh. Turnamen itu dibagi berdasarkan kategori rentang usia 5 tahun. Dalam kesempatan itu para atlet wanita Jepang berhasil mencetak tiga rekor dunia. Kami akan laporkan bagaimana para warga lanjut usia Jepang ini berlatih untuk mencetak rekor-rekor baru.

Pojok Tamatebako: Kunjungan Para Pemimpin Pesantren Indonesia ke Jepang
Sejumlah pemimpin pesantren dari berbagai daerah di Indonesia belum lama ini berkunjung ke berbagai daerah di Jepang. Mereka berkunjung ke sekolah-sekolah, lembaga-lembaga, bahkan juga sempat merasakan tinggal di rumah warga-warga kebanyakan. Kami akan mengajak Anda untuk mengetahui kegiatan mereka selama di Jepang.
7 November
(Kamis)
Fokus Radio Jepang: Memulihkan Kembali Kota-kota Dengan Populasi Penduduk Kecil

photophoto

Berbagai kota di Jepang saat ini menghadapi masalah dalam mempertahankan fasilitas-fasilitas publik. Rendahnya angka kelahiran dan warga yang menua menyebabkan turunnya populasi penduduk sehingga banyak fasiltias publik yang tidak terpakai. Berbagai pemerintahan daerah dan warga setempat kini bekerjasama untuk memulihkan kembali fasilitas-fasilitas tersebut.

Pojok Tamatebako: Wawancara Dengan Sutradara Indonesia Mouly Surya
Kali ini kami mewawancarai Mouly Surya, sutradara dan penulis naskah film "Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta." Film ini adalah salah satu yang diputar dalam Festival Film Internasional Tokyo tahun ini. Mengapa Mouly membuat film mengenai para remaja difabel?
8 November
(Jumat)
Ayo Masak Makanan Jepang: Spageti Jamur ala Jepang

photophoto
(Kiri) Spageti Jamur
(Kanan) Bahan-bahan

Spageti saat ini merupakan makanan populer di Jepang. Kali ini kami akan mengajarkan cara membuat spageti menggunakan soyu atau kecap khas Jepang. Bahan-bahannya antara lain udang dan jamur shimeji yang merupakan makanan khas musim gugur di Jepang. Selamat mencoba.
9 November
(Sabtu)
Beranda Musik: Artis-artis Terkenal yang Tampil di Festival Perguruan Tinggi di Jepang

photo
Artis terkenal Leo Ieiri

Musim gugur di Jepang adalah waktunya untuk menggelar berbagai festival di sekolah-sekolah khususnya perguruan tinggi. Acara ini terbuka bagi pengisi acara dari luar dan banyak dimeriahkan oleh pementasan dari berbagai kalangan artis. Kali ini kami akan ulas beberapa penyanyi yang banyak diminta tampil di festival-festival semacam itu, serta mendengarkan lagu-lagu hits mereka.

Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 31: Saya Akan Coba Mengerjakannya Lagi (Ulangan)
photo

Kuon telah menyiapkan sebuah proposal. Sebelum dibahas dalam rapat, atasannya memberikan sejumlah masukan.
10 November
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: