Kamis, 18 Desember 2014

Hari Persatuan ASEAN- Satu visi, satu identitas, satu komunitas" di Vietnam



(VOVworld) - Saudara pendengar, kami dengan gembira kembali berbincang-bincang dengan saudara-saudara pada acara “Kotak Surat Anda” hari ini. Pada pekan ini, VOV5 telah menerima 231 surat pendengar dari 36 negara dan teritorial, khususnya rogram siaran bahasa Indonesia menerima 20 surat yang diantaranya ada saudara-saudara Thedja Haryanto di Kalimantan, Fachri di Pekan Baru, M. Zainal di Jambi, M.Sumantri di Jawa Barat, Minlin di Jawa, Harsubeno Lesmana di Jakarta dan beberapa pendengar yang lain. Pada pekan lalu di kota Hanoi telah berlangsung Hari Persatuan Besar ASEAN - Satu visi, satu identitas, satu komunitas yang menyerap perhatian banyak penduduk, wisatawan dan kantor-kantor pemberitaan, ini juga merupakan hari pesta yang mempunyai makna di kawasan. Kami akan memperkenalkan tentang hari ini, setelah itu disusul dengan bagian belajar bahasa Vietnam, dan akhirnya kami sampaikan pertanyaan Kuis 4 tahun 2014.


Dari 21- 23 November ini, di Perkampungan Budaya- wisata etnis- etnis Vietnam, kota Hanoi berlangsung “Hari Persatuan ASEAN - Satu visi, satu identitas, satu komunitas” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan badan-badan yang bersangkutan untuk menyosialisasikan negeri dan manusia-nya, serta memperkenalkan nilai-nilai budaya tipikel, upaya-upaya dalam mengkonservasikan dan mengembangkan nilai-nilai pusaka budaya negara-negara ASEAN pada umum-nya dan Vietnam pada khususnya, bersamaan itu turut meningkatkan peranan Vietnam dalam kerjasama ASEAN. Dalam kerangka peristiwa ini, banyak aktivitas bergelora telah berlangsung di ruang kebudayaan yang berbeda-beda, misalnya: Ruang melakukan sosialisasi, memperkenalkan pariwisata dan citra negeri dan manusia negara-negara ASEAN, memperkenalkan pusaka-pusaka kebudayaan, olahraga tradisional negara-negara ASEAN dan kebudayaan tradisional etnis-etnis Vietnam. Saudari Zakim, seorang wisatawan Malaysia sangat terkesan terhadapperistiwa ini. Dia mengatakan: “Saya merasa sangat gembira. Dengan Festival ini aku lagi ingin belajar tentang kultural lain, bagaimana pakaiannya,bagaimana orang berkomunikasi, kita boleh tahu bagaimana travel dan belajar tentang cultural mereka terhadap kita".

Pada Hari ini, yang paling menonjol yalah 10 gerai yang memamerkan, memperkenalkan citra dan pariwisata masing-masing negara ASEAN yang dianggap sebagai kesempatan yang baik untuk mengembangkan, mengkonservasikan dan mendorong kerjasama pariwisata antara Vietnam dengan negara-negara ASEAN. Ahmad Zakim, Direktur Biro Promosi Pariwisata Malaysia di Vietnam memberitahukan: "Kita masih bekerjasama, koperasi pariwisata antara Vietnam-Indonesia belakakang ini berkembang baik. Khususnya pada tahun 2013, jumlah wisatawan Malaysia yang datang ke Vietnam mencapai 200.820 orang, baliknya dari Vietnam ke Malaysia mencapai 200.100 wisatawan.

Pada festival kali ini, para wisatawan dapat mencari tahu dan menjalani pesta-pesta dan adat-istiadat khas dari etnis-etnis Vietnam, misalnya acara memohon ketenteraman etnis minoritas Bana Hari Raya Xip Xi dari etnis minoritas Thai, Pesta meminta hujan dari etnis minoritas Gia Lai, mencicipi masakan-masakan tradisional etnis-etnis Vietnam dan negara-negara ASEAN lainnya .

Semua negara ASEAN sedang berupaya untuk membentuk Komunitas Ekonomi pada tahun 2015, oleh karana itu, aktivitas-aktivitas, misalnya Hari Pesta Persatuan ini sangat perlu dan turut mengintensifkan pengertian dan perkaitan antara negara-negara di banyak bidang, misalnya politik, ekonomi, kebudayaan, bersama-sama menuju ke pembangunan satu Komunitas ASEAN yang sejahtera dan berkesinambungan.



Selanjutnya, kita bersama-sama belajar bahasa Vietnam

1- Seringkah Anda makan di restaurant?

- Bạn có thường xuyên ăn ở nhà hàng không?

2- Saya makan di restaurant hampir setiap hari.

-Gần như ngày nào tôi cũng ăn ở nhà hàng.

3- Makanan jenis apa yang paling Anda sukai?:

-Món ăn nào mà bạn thích nhất?

4- Saya paling suka masakan hasil laut.

-Tôi thích nhất ăn hải sản .

Para pendengar, berikut ini, kami sampaikan pertanyaan Kuis triwulan 4 tahun 2014.

1- Pagoda mana yang paling besar di Vietnam?

2- Di propinsi Ninh Binh (Vietnam Utara) ada pemandangan alam mana yang dianggap sebagai Teluk Halong di darat dari Vietnam?

Untuk mengikuti program siaran kami, marilah saudara-saudara bisa mengakses Website dengan nama domain: www.vovworld.vn atau www.vov5.vn .

Tidak ada komentar: