Jumat, 24 Mei 2013

Direktur Umum DW Erik Bettermann: "Deutsche Welle memastikan keberadaan multimedia Jerman"

Broadcaster internasional Jerman Deutsche Welle (DW)  telah berdialog dengan dunia selama 60 tahun. Sejak hari pertama mengudara, DW telah berubah dari broadcaster gelombang pendek menjadi organisasi multimedia.
"Dengan konten jurnalistiknya dalam 30 bahasa, DW memastikan kehadiran multimedia Jerman di dunia,  " kata Erik Bettermann, Direktur Umum Deutsche Welle. Dia menammbahkan bahwa persaingan untuk meraih audiens global semakin sengit karena produk media yang berkembang pesat, khususnya di bidang televisi. 20 tahun lalu hanya ada 3 program TV internasional berbahasa Inggris; sekarang hampir 30. "Jerman memerlukan adanya media internasional yang kokoh untuk menyampaikan sikapnya," lanjut Bettermann. "dan  Deutsche Welle memainkan peran krusial dalam hal ini."
Dalam tahun-tahun pertama berdirinya misi DW adalah untuk mengingkatkan pengetahuan akan Jerman sebagai negara demokratis ke seluruh dunia dan mengantarkan reintegrasi negara itu ke dalam komunitas internasional. Kini DW berperan "membangun pemahaman antara orang dan peradaban" berkontribusi dalam membangun masyarakat sipil global.
Dengan berbagai konten multimedianya, DW menyampaikan “pengalaman masyarakat Jerman," kata Bettermann. "Kredibilitas DW diperkuat oleh kebesarannya, penggambaran Jerman dari berbagai sisi.”
Bettermann menekankan bahwa pendekatan terbuka dalam menghadapi masa lalunya dipuji di seluruh dunia – seperti melaporkan dengan kritis topik-topik seperti pembunuhan yang dilakukan sel neo Nazi National Socialist Underground (NSU) dan pengadilan kasus ini. Sementara itu pada masa krisis ekonomi saat ini di Eropa, DW dapat membantu dalam menjelaskan pandangan Jerman melalui laporan-laporannya dalam berbagai bahasa lokal, misalnya bahasa Yunani.
Membentuk imej Jerman
"Deutsche Welle telah menyertai Republik Fedearal Jerman dalam seluruh sejarah pentingnya, seperti kisah sukses reunifikasi sampai hal-hal yang menakjubkan dan kadang yang memprihatinkan dunia. Dan DW menyampaikan kepada dunia bahwa Jerman berbuat sebaik mungkin dengan menghormati sejarahnya ketika berkomunikasi dengan para petnernya di seluruh dunia. Dengan upaya-upaya jurnalistiknya DW telah mempengaruhi imej Jerman dan secara aktif membentuknya. Pada saat yang sama, DW selalu memperlihatkan bagaimana Dunia melihat Jerman.”
Keberlanjutan pengembangan siaran-siaran bahasa yang diudarakan sejak 1960an, peluncuran program TV satelit pada 1992, awal mula menuju dunia online dimulai pada 1994 dan penggabungan semua program training di bawah payung DW Akademie pada 2004 – ini semua menjadi tonggak bagi DW untuk menjadi korporasi multimedia, menurut Bettermann. Pada awal 2012 DW melakukan peluncuran kembali program TV dan websitenya.
Lebih dari sekedar berita
Selain menyampaikan berita, Bettermann melihat budaya dan pendidikan sebagai bidang utama tanggung jawab DW – khususnya jika hal itu berkaitan dengan promosi bahasa Jerman. DW Akademie merupakan organisasi Jerman terkemuka bagi perkembangan media internasional. Sebagai contoh, organisasi itu mendukung broadcaster-broadcaster yang dimiliki pemerintah dalam transisinya menjadi media independen di Tunisia, Libya dan Mesir. Di samping menawarkan jurnalisme DW Akademie juga mempromosikan kebebasan media dan kebebasan berbicara di banyak negara lain. Seperti kata Bettermann , "kami memberi suara kepada mereka yang mengalami penyensoran dan penindasan di tanah air mereka." Dalam hal ini Deutsche Welle juga melihat dirinya sendiri sebagai suara bagi hak asasi manusia.
Perayaan resmi pada 17 Juni
DW akan merayakan hari jadinya pada 17 Juni 2013 di Bonn dengan sebuah upacara pada Global Media Forum. Lebih dari 2.000 peserta dari lebih 100 negara diperkirakan akan menghadiri konferensi tiga hari di World Conference Center di Bonn. Bernd Neumann, menteri negara urusan budaya dan media, akan menyampaikan pidato berjudul "60 Tahun Deutsche Welle – Masa Depan Broadcaster Internasional: Nilai-nilai bagi Dunia yang Mengglobal." Lutz Marmor akan berbicara mewakili Asosiasi Korporasi Penyiaran Publik di Jerman (ARD) dan dalam kapasitasnya sebagai kepala ARD and Direktur General of Norddeutscher Rundfunk (NDR).
Spesial online
Dalam perayaan hari jadinya DW mempersembahkan tonggak 60 tahun sejarahnya dalam artikel, gambar dan materi audio. Dolumenter TV selama 30 menit menyajikan ikhtisar perkembangan dan misi DW sebagai broadcaster internasional Jerman.
(Sumber: www.dw.de) - هند

Tidak ada komentar: