Minggu, 07 November 2010

Programa Radio Jepang NHK 8 - 14 November 2010


8 November (Senin)Fokus Radio Jepang: Radio Digital, Masa Depan dan Tantangannya

Digitalisasi radio siaran kini semakin maju. Kami akan mengajak anda melihat layanan-layanan baru yang seperti layanan televisi dan tantangan yang mereka hadapi.

Belajar Bahasa Jepang
9 November (Selasa)Fokus Radio Jepang: Program Pendidikan untuk Mengubah Masyarakat, Kisah Juru Kamera Kamerun Yang Memenangkan Japan Prize

photophoto
(Kiri) Joseph Danjie mempresentasikan proposal programnya
(Kanan) Pemberian penghargaan Proposal Terbaik untuk Japan Prize

Juru kamera asal Kamerun Joseph Danjie memenangkan penghargaan proposal terbaik Divisi Proposal TV, kontes tahunan program pendidikan internasional, Japan Prize yang digelar bulan Oktober tahun ini. Kita akan melihat seperti apa upayanya dalam memproduksi program pendidikan tersebut.
10 November (Rabu)Nippon Q & A: Samurai Pasca Restorasi Meiji

Pekan ini kami akan menjawab pertanyaan seorang pendengar dari Indonesia: "Bagaimanakah terjadinya Restorasi Meiji? Apakah ini benar merupakan titik balik modernisasi Jepang? Dan apa yang terjadi dengan para samurai?"

Legenda Dari Jepang: Dewa Kemiskinan

Belajar Bahasa Jepang
11 November (Kamis)Fokus Radio Jepang: Diana Apcar, Warga Armenia yang dikenal sebagai "Ibu Yokohama"

photophoto
(Kiri) Diana Agabeg Apcar
(Kanan) 2 orang kerabat Diana (sebelah kiri) dan Hideharu Nakajima (pertama dari kanan) yang mengunjungi makamnya.

Diana Apcar adalah konsul untuk Jepang pada awal abad ke 20. Pada masa itu ia mengeluarkan banyak visa kepada para pengungsi Armenia yang lari menyelamatkan diri dari tragedi di tanah air mereka. Kita akan mengulas sejarah kehidupan Diana Apcar yang hingga kini tetap dimakamkan di Jepang.
12 November (Jumat)Fokus Radio Jepang: Oase Perdamaian, Desa Bersama Warga Yahudi - Palestina dan Tantangan Dalam 3 Dekade Terakhir.

photophoto
(Kiri) Sekolah Dasar milik desa yang memberikan pelajaran dalam bahasa Ibrani dan Arab.
(Kanan) Desa "Oase Perdamaian"

"Oase Perdamaian" yang berada di dekat Jerusalem, adalah sebuah komunitas dimana para warga Yahudi dan Palestina hidup berdampingan selama lebih dari 30 tahun terakhir, dengan semangat kebersamaan. Kita akan lihat dari dekat seperti apa tantangan yang dihadapi para penduduk desa itu di tengah buntunya proses perdamaian di Timur Tengah.

Belajar Bahasa Jepang
13 November (Sabtu)Pojok Tamatebako: Hiroaki Kato

photo

Namanya Hiroaki Kato. Pada akhir September lalu ia mengeluarkan mini album indie perdananya berjudul "Terima Kasih". Harapannya mini album ini bisa menjadi jembatan penghubung antara Jepang dan Indonesia. Kita akan dengar penuturannya tentang mini album Terima Kasih, pengalamannya di Yogyakarta dan cita-citanya ke depan.

J-Pop Pekan Ini

Kami akan memutarkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagunya.
14 November (Minggu)Halo Dari Tokyo

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: