Selasa, 27 Mei 2014

Stasiun Relay Samudera Hindia BBC




terima kasih kepada Mr. Adrian Peterson (adrian.m.peterson@gmail.com) yang telah memberi saya izin untuk menggunakan artikel dari Wavescan.
Beberapa waktu lalu BBC mengumumkan rencana untuk menutup Stasiun Relay di Samudera Hindia pada sabtu 29 Maret. Stasiun ini telah mengudara selama lebih dari seperempat abad dan ditutupnya stasiun itu mengakhiri siaran gelombang pendek internasional namun stasiun relay FM akan terus beroperasi.
Akhir tahun lalu kami menyajikan kisah stasiun relay sementara milik BBC yang terletak di Francistown di Botswana, Afrika. Stasiun ini dibangun dengan tergesa dalam upaya untuk merespon peristiwa politik yang terjadi di negara tetangga Rhodesia, stasiun ini dikenal secara resmi sebagai BBC Central Africa Relay Station.
Empat pemancar ditempatkan di sana, dua pemancar gelombang menengah Continental (buatan AS) dengan masing-masing 50 kW, dan dua pemancar gelombang pendek Marconi (buatan Inggris) dengan masing-masing 10 kW. Stasiun ini mulai beroperasi pada 30 Desember 1965, dan terakhir mengudara pada 31 Maret 1968.
Penutupan stasiun itu menimbulkan pertanyaan di kalangan Parlemen Inggris di London. Menurut laporan resmi dari parlemen disebutkan bahwa stasiun Francistown ditutup dan sistem antena tambahan di Stasiun Relay BBC di Pulau Ascencion sedang dalam proses pemasangan. Antena baru tersebut akan menjamin cakupan (siaran) gelombang pendek bisa mencapai Rhodesia. Tentu ini hanya layanan yang bersifat sementara ke Rhodesia.
Juni 1966, BBC menjajaki kemungkinan penggunaan sebuah kapal besar sebagai stasiun relay BBC untuk mencakup Afrika Timur. Kapal yang mereka maksudkan adalah sebuah kapal kapal induk yang tidak terpakai HMS "Leviathan".
Kapal "Leviathan" diletakkan di Tynside, Inggris, pada 18 Oktober 1943 sebagai kapal induk bertenaga nuklir untuk digunakan dalam Perang Dunia II. Kapal ini belum selesai dibuat,  diluncurkan pada 7 Juni 1945 tepat ketika Perang Dunia II akan berakhir dan kapal itu hanya tergeletak menantikan takdirnya. Namun kapal itu tidak pernah terselesaikan.
Ketika BBC menjajaki kemungkinan pengambil alihan kapal tersebut sebagai stasiun relay terdapat saran agar menempatkan kapal tersebut di Terusan Mozambique dan langkah itu akan bisa menyediakan cakupan (siaran) radio ke Rhodesia dan Afrika Selatan. Saat itu Rhodesia mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak dan pemerintah Afrika Selatan adalah penyokong kuat pemerintahan Smith di wilayah bekas koloni Inggris tersebut.
Penempatan kapal itu nampaknya merupakan sedikit kemunafikan karena  itu terjadi pada saat yang sama ketika BBC mengeluhkan tentang keberadaan stasiun-stasiun lepas pantai  yang tidak memiliki izin di kapal-kapal sekitar pulau-pulau kecil Inggris.
Mungkin stasiun radio dalam kapal ini akan memancarkan (siaran) di gelombang menengah ke wilayah Afrika Timur, dan siaran gelombang pendek akan dipertimbangkan kemudian. Akan tetapi proyek radio ini tidak pernah terwujud  dan seluruh konsep dibatalkan pada Mei 1966. Dua tahun kemudian kapal induk "Leviathan" dijual dan dibongkar.
Pada sekitar masa yang sama BBC juga menjajaki pembangunan stasiun relay yang besar di pulau Aldabra untuk memancarkan siaran ke Afrika Timur. Aldabra adalah pulau karang kecil tak berpenghuni sekitar 500 mile di lepas pantai Afrika, 300 mile sebelah utara Madagascar, dan 500 mile dari Zanzibar. Penghuni pulau tersebut hanya sejumlah pegawai, penjaga dan petugas penelitian.
Pulau karang Aldabra mempunyai panjang 21 mile, lebar 8 mile dan merupakan pulau karang terbesar kedua di dunia. Pulau ini terdiri dari empat pulau kecil disekitar laguna (danau di pinggir laut – red)  yang dangkal, namun tidak ada air tawar di sini. Terdapat banyak bentuk kehidupan yang unik di tempat itu termasuk sekitar 100.000 kura-kura raksasa.
Tahun 1966 Angatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) mempertimbangkan untuk membangun pangkalan udara di Aldabra, dan angkatan udara Amerika tertarik dalam kerjasama dengan RAF sebagai stasiun pengisian bahan bakar untuk pesawat Amerika yang menuju Vietnam. Investasi Amerika dalam proyek tersebut mencapai $11 juta.
Tahun 1966 BBC menyewa kapal seberat 600 ton “Southern Skies” dari Mombassa untuk ekspedisi penjelajahan selama 6 minggu ke Aldabra. Orang-orang yang terlibat dalam survei BBC tersebut berkomunikasi dengan pihak London  melalui pemancar gelombang pendek SSB yang terdapat dalam kapal, dan BBC berkomunikasi dengan kapal melalui salah satu pemancar gelombang pendek bertenaga tinggi di Daventry. Namun karena serangan badai tropis Angela, ekpsedisi penelitian itu dipersingkat dan proyek ini juga dihentikan.
Jika proyek Aldabra terwujud bisa dibayangkan empat pemancar gelombang menengah bertenaga tinggi dengan masing-masing 750 kW akan dipasang dengan empat sistem antena yang diarahkan ke barat menuju Afrika. Pemancar-pemancar ini akan beroperasi secara terpisah atau bersamaan atau dengan gabungan satu channel gelombang menengah. Meskipun tidak disebutkan, jika stasiun ini jadi dibangun mungkin cakupan untuk siaran gelombang pendek akan ditambahkan kemudian.
Akan tetapi pangkalan militer Inggris atau Amerika tidak pernah menjadi kenyataan begitu pula stasiun relay BBC. diterjemahkan oleh هند

Tidak ada komentar: