Sabtu, 15 Juni 2013

Jadwal siaran BBC bahasa Inggris disederhanakan mulai minggu 31 Maret 2013 dan siaran bahasa Arab di gelombang pendek diakhiri.



(Sumber: BBC Media Centre)
Pengurangan siaran-siaran gelombang pendek tersebut diumumkan pada Oktober 2012 sebagai bagian dari peninjauan pengeluaran pemerintah Inggris tahun 2010. Siaran BBC World Service di jalur FM, online dan televisi tidak akan terpengaruh dan tidak ada  siaran yang ditutup.
Transmisi siaran bahasa Inggris di gelombang pendek dan menengah dikurangi menjadi sedikitnya 6 jam setiap hari. Secara umum ini akan menjadi 2 sesi antara 2 dan 4 jam setiap siaran, biasanya pada pagi dan malam hari untuk mengurangi gangguan. Perubahan ini hanya akan berdampak sedikit di kawasan-kawasan dimana World Service secara meningkat diakses melalui stasiun mitra atau online dan di negara-negara dimana jalur FM secara luas tersedia.
Editor senior BBC World Service, Steve Titherington, mengatakan said: “Kami tahu jumlah orang yang mengakses World service di gelombang FM, online dan televisi meningkat. Bagi mereka yang tidak bisa mengakses cara-cara tersebut kami telah mencoba memastikan bahwa mereka akan terus mendengarkan World Service pada waktu-waktu sebagian besar dari mereka memantau siaran kami.”
“Sebagai bagian dari jadwal baru kami akan berusaha menyajikan beragam berita, laporan terkini dan berbagai acara meliputi seni, sains dan kisah-kisah kemanusiaan yang menarik.” kata Titherington.
Acara baru The Newsroom akan menggantikan World Briefing. Outlook akan diperpanjang menjadi satu jam dan menawarkan pendekatan baru yang mencakup seni, musik dan kemanusiaan menyusul diakhirinya acara The Strand. Every Friday, The 5th Floor akan diudarakan dalam acara Outlook, menawarkan tinjauan acara siaran ke-27 bahasa di BBC  – dalam bahasa Inggris.
Diperkirakan siaran BBC bahasa Inggris kehilangan sekitar 1,5 juta pendengarnya di gelombang pendek.
Pendengar BBC siaran bahasa Arabi diperkirakan berkurang 800.000 sebagai dampak dari penghentian siaran gelombang pendek.
Di negara-negara berbahasa Arabi, siaran World Service tersedia di jaringan relay FM, channel televisi 24 jam dan website bbcarabic.com.
Siaran gelombang pendek ke Sudan tidak akan terpengaruh karena gelombang pendek merupakan metode yang paling bisa diandalkan untuk kawasan ini.
(www.swling.com/blog)  هند

Tidak ada komentar: